Show simple item record

dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.advisorKrisnamurthi, Y. Bayu
dc.contributor.authorWahyuningsih, Susanti Sri
dc.date.accessioned2024-05-23T09:46:32Z
dc.date.available2024-05-23T09:46:32Z
dc.date.issued1998
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151329
dc.description.abstractPT. Mustika Ratu merupakan salah satu pelaku utama dalam industri kosmetika tradisional Indonesia. Perusahaan ini merupakan pelopor dan saat ini menjadi market leader dalam industrinya. Walaupun demikian, untuk menghadapi persaingan, PT. Mustika Ratu sebagai perusahaan multiproduk harus memiliki strategi yang tepat untuk setiap produk, karena setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda. Manajemen perusahaan harus mampu melakukan identifikasi produk yang memiliki prospek cerah atau merupakan sumber pemasukan dana bagi perusahaan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan identifikasi produk pada perusahaan yang memiliki banyak bisnis atau produk adalah pendekatan portofolio. Hasil yang akan diperoleh dari pendekatan ini adalah strategi portofolio produk. Tujuan Geladikarya ini adalah untuk mengkaji posisi produk kosmetika Seri Mustika Ratu untuk katagori perawatan kulit wajah, perawatan rambut, dan perawatan tubuh dalam matriks portofolio, dan memberikan altematif strategi serta implikasi tindakan yang harus dilakukan sesuai dengan lingkungan eksternal, lingkungan internal, serta posisi masing-masing produk. Geladikarya dilakukan dalam ruang lingkup Manajemen Strategi, khususnya analisis portofolio produk. Metode yang digunakan dalam Geladikarya ini adalah pendekatan Matriks General Elektrik. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara langsung, dan pengisian kuisioner oleh pihak manajemen perusahaan. Pihak manajemen yang menjadi responden dalam Geladikarya berasal dari level manajemen menengah ke atas, yaitu GM Sales and Distribution, GM Export, Group Product Manager Export, Production Manager, Riset and Development Manager, dan 2 orang Product Group Manager, Berdasarkan portofolio produk ancangan GE Matriks, produk perawatan kulit wajah memiliki kriteria daya tarik industri tinggi dan kekuatan bisnis tinggi. Produk ini menempati posisi Investasi dan Tumbuh. Posisi tersebut merupakan posisi puncak yang menggambarkan keberhasilan perusahaan dalam menangani produk perawatan kulit wajah. Strategi yang diusulkan untuk produk perawatan kulit wajah adalah strategi mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar, melakukan strategi intensive melalui penetrasi pasar (market penetration), pengembangan pasar (market development), dan pengembangan produk (product development), serta melakukan strategi integrative melalui backward integration dan forward integration...dst.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleAnalisis Strategi Portofolio Produk Pt. Mustika Ratuid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordManajemen Strategiid
dc.subject.keywordMatriks General Elektrikid
dc.subject.keywordKosmetikid
dc.subject.keywordPT. Mustika Ratuid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record