Show simple item record

dc.contributor.advisorMa'Arif, M. Syamsul
dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.authorDagi, Willem
dc.date.accessioned2024-05-23T09:37:16Z
dc.date.available2024-05-23T09:37:16Z
dc.date.issued1998
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/151317
dc.description.abstractPT. Miwon Indonesia adalah salah satu industri bumbu masak (MSG, monosodium gluta- mat) di Indonesia. Disamping memiliki pasar domestik yang kuat, juga memiliki pasar ekspor sampai ke Afrika. Saat ini PT. Miwon Indonesia bekerjasama dengan Miwon Group Korea Selatan mengembangkan industri sejenis di Vietnam, dimana PT. Miwon Indonesia mengekspor DGA (dry glutamic acid) sebagai bahan baku pembuat MSG serta mengirimkan tenaga terampil- nya untuk instalasi pabrik di negara tersebut. Agar perusahan ini tetap dapat bertahan hidup dengan tekanan perubahan lingkungan ekster- nal yang sangat dinamis, maka ditetapkan strategi generiknya sebagai strategi efisiensi biaya (cost leadership strategy). Disamping itu, rumusan budaya yang ditetapkan adalah inovasi dan kreatifitas dengan tata nilai yang sama dengan Miwon Group. Selanjutnya, karena perusahaan merupakan multinational corporation maka rumusan strategi, budaya dan tata nilai tersebut akan dipengaruhi oleh perbedaan ekspektasi antara karyawan lokal (host country) dengan karyawan yang berasal dari Korea Selatan (home country). Hal ini mempengaruhi cara bertindak (proaktif atau reaktif) masing-masing pihak untuk merealisasikan rumusan-rumusan tersebut. Budaya perusahaan dipandang sebagai totalitas yang mendasari spirit (jiwa) dan aktifitas perusahaan, sehingga aspek interkultural diatas dapat mempengaruhi pelaksanaan strategi budaya perusahaan ini, Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan masalah atau ruang lingkup penelitian sebagai berikut (1) faktor-faktor internal apa saja yang mempengaruhi keberlangsungan budayanya ? (2) sejauhmana masing-masing faktor tersebut saling mempengaruhi ?, (3) pada tingkat struktural mana faktor-faktor tersebut kuat atau lemah mempengaruhi sasaran budaya perusahaan, (4) seberapa jauh faktor-faktor tersebut mempengaruhi sasaran budaya perusaha- an? Kemudian dari data empiris dapat diajukan solusi strategi operatif agar faktor-faktor yang ditemukan menjadi potensi perusahaan untuk bersaing Penelitian menggunakan 109 responden setelah uji finite-infinite (a90%) dari populasi 700, kemudian teknik pengumpulan data dengan kuesioner skala Likert tingkat 4, wawancara, dan teknik Delphi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis SWOT, analisis deskriptif perbandingan dan penyimpulan, uji korelasi dan rata-rata, serta metode regresi berganda. Variabel-variabel pengukuran menggunakan instrumen yang dikembangkan tahun 1994 oleh Udai Pareek, Adjunt Professor dari University of North Carolina at Chapel Hill, USA. Pada metode pengukuran penelitian ini menggunakan variabel tak bebas yang dinyatakan sebagai inovasi dan kreatifitas, serta menggunakan 8 variabel bebas yaitu keterbukaan (X1), konfrontasi (X), kepercayaan (X3), kebenaran (X4), proaksi (X3), otonomi (X6), kerjasama (X1), dan pengkajian (X). Semua bentuk analisis tersebut ditujukan pada 1 kelompok agregat budaya, 2 kelompok sub-budaya, dan 4 kelompok sub-sub-budaya. Berdasarkan pengujian korelasi, terbukti masing-masing variabel X, tidak berkorelasi linear pada taraf nyata 0.05 dengan wilayah kritik z ± 1.96, dengan demikian, dianggap memenuhi syarat digunakan dalam model regresi berganda. Selanjutnya, kelima bentuk rumusan hipotesa menyimpulkan menerima hipotesa 0 (nol) berarti perusahaan ini memiliki masalah terhadap sasaran strateginya yang terdapat pada faktor-faktor pendukung agregat budaya dan dinyatakan dengan konstanta regresi berganda a=-2.504 (p<0.05)...dst.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Strategiid
dc.titleFaktor-Faktor Pendukung Budaya Perusahaan Pt. Miwon Indonesiaid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordManajemen Strategiid
dc.subject.keywordPT. MIWON INDONESIAid
dc.subject.keywordAnalisis SWOTid
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordRegresi bergandaid
dc.subject.keywordUji Korelasiid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record