Strategi Segmentasi Pasar Produk Jamu Pt. Mustika Ratu, Jakarta
View/ Open
Date
1998Author
Tobing, Fenny Bnl
Sumarwan, Ujang
Maulana, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Mustika Ratu merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri jamu dan kosmetik tradisional. Perusahaan ini memproduksi jamu sejak 20 tahun yang lalu, yakni sejak didirikan oleh BRA. Mooryati Soedibyo, yang mengawali usahanya sebagai usaha rumah tangga (home industry).
Dalam menyongsong abad 21, semakin banyak tuntutan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, dan cenderung terus meningkat secara kompleks baik dalam jumlah maupun kualitas. Di sisi produsen semakin banyak produk yang ditawarkan kepada konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan konsumen, termasuk di dalamnya kebutuhan akan obat-obatan, baik secara medis (kimia) maupun bahan alamiah (tradisional).
Jamu sebagai obat-obatan tradisional menjadi alternatif pilihan konsumen dalam keadaan krisis saat ini, dimana harga obat-obatan secara medis sudah semakin jauh dari jangkauan daya beli konsumen. Sementara harga jamu yang relatif lebih murah, walaupun terjadi kenaikkan harga masih terjangkau daya beli konsumen. Karena hampir semua bahan baku jamu ada dialam Indonesia. Dilihat dari segi manfaat, jamu digolongkan sebagai obat-obatan tradisional yang kebutuhannya terus meningkat, ditambah dengan semakin sering didengungkannya semangat back to nature maka semakin banyak masyarakat yang mengandalkan produk-produk yang terbuat dari bahan alami dengan proses produksinya yang ramah lingkungan dan tidak merusak kelestarian alam. Alasan ini pula yang mendasari prinsip PT. Mustika Ratu untuk menghasilkan jamu tradisional...dst
Collections
- MT - Business [1040]