Analisis Brand Awareness dan Brand Association Calon Presiden pada Pemilihan Umum 2014 dalam Sektor Pertanian di Jawa Timur
Abstract
Pemilihan umum merupakan suatu cara atau sarana untuk memilih para
Wakil Rakyat, Presiden, dan Wakil Presiden. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui karakteristik penduduk dan responden Jawa Timur; karakteristik
pemimpin; menganalisis brand awareness dan brand association calon presiden
2014 dalam sektor pertanian; mengetahui top of mind calon presiden dan brand
association calon presiden dalam sektor pertanian dapat mempengaruhi preferensi
pemilih terhadap pilihan presidennya. Data primer didapat dari wawancara
langsung kepada responden melalui telepon dan data sekunder didapat dari
literatur, buku, dan bahan pustaka yang terkait dalam penelitian. Pengolahan data
mengunakan Skala Semantic Differensial, Analisis Statistik Deskriptif, uji
Cochran, dan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini adalah Prabowo Subianto dan
Joko Widodo memiliki keunggulan karakteristik pemimpin yang berbeda-beda.
Prabowo menjadi top of mind dan Jokowi menjadi brand recall, menghasilkan
persamaan dan perbedaan asosiasi pembentuk brand image Prabowo dan Jokowi,
top of mind dan brand association calon presiden dalam sektor pertanian secara
signifikan mempengaruhi preferensi pemilih terhadap pilihan presidennya
Collections
- UT - Management [3374]