Show simple item record

dc.contributor.advisorOktariza, Wawan
dc.contributor.advisorNurhayati, Popong
dc.contributor.authorAlia, Maria Agnes Esa
dc.date.accessioned2024-05-21T02:12:05Z
dc.date.available2024-05-21T02:12:05Z
dc.date.issued2002
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150764
dc.description.abstractSektor perikanan memberikan kontribusi yang nyata dari pemerintah untuk mempromosikan komoditas ekspor non-migas sebagai sumber pendapatan devisa negara. Komoditas tuna dan fish fillet merupakan salah satu komoditas ekspor terpenting di samping komoditas perikanan lainnya yang dapat dijadikan sumber pendapatan devisa negara. PT BONECOM sebagai salah satu perusahaan pengolahan tuna dan fish fillet berusaha memenuhi permintaan perusahaan importir dalam hal penyediaan tuna dan fish fillet. Keberadaan PT BONECOM terhadap perusahaan pesaingnya dapat dikatakan cukup berkompeten dan saling berusaha merebut pasar sasaran yang sama di luar negeri. Alternatif strategi perusahaan dalam mempertahankan kekuatan/peluang pasar dan menangani kelemahan serta ancaman yang ada dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Untuk mengetahui posisi produk perusahaan terhadap perusahaan pesaingnya dianalisis dengan menggunakan matriks BCG (Boston Consulting Groups). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta merumuskan strategi pemasaran ekspor produk Yellowfin Tunas Frozen dan fish fillet yang dilakukan oleh PT BONECOM dan menganalisis posisi persaingan produk Yellowfin Tunas Frozen dan fish fillet yang dihasilkan PT BONECOM terhadap pesaingnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk Yellowfin Tunas Frozen berada di kuadran Cash Cows dan posisi produk Fish Fillet berada di kuadran Dogs. Hal ini berarti perusahaan harus tetap mempertahankan kedua produk ini dengan strategi yang berbeda untuk masing-masing portfolio produk. Untuk produk Yellowfin Tunas Frozen strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah diversifikasi produk. Strategi untuk produk Fish Fillet adalah dengan cara tetap mempertahankan volume penjualannya yang relatif kecil serta tidak memaksakan diri untuk menaikkan volume penjualan secara besar-besaran.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural Economicsid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.titleAnalisis posisi persaingan produk yellowfin tunas frozen dan fish fillet dalam pemasaran ekspor PT Bonecom, Muara Baru, Jakarta Utaraid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordFisheriesid
dc.subject.keywordFish Productid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record