Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorKolopaking, Lala M
dc.contributor.authorSusilowati, Uki
dc.date.accessioned2024-05-16T01:04:52Z
dc.date.available2024-05-16T01:04:52Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/149968
dc.description.abstractTingkat persaingan yang semakin tinggi diantara perusahaan yang ada membuat penelitian tentang perilaku konsumen sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan. PT Siner Sosro merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri teh. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang pertama kali memproduksi teh botol di Indonesia, saat ini produk yang dipasarkan dengan merek Teh Botol Sosro (TBS). Sukses yang diraih oleh PT Sinar Sosro kemudian diikuti oleh beberapa perusahaan lain. Dalam menghadapi tingginya persaingan dalam industri minuman ringan khususnya produk dalam kategori teh, maka salah satu cara yang dilakukan oleh PT. Sinar Sosro untuk meningkatkan daya saing produk TBS adalah dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Hal ini dimulai dengan mengukur kepuasan konsumen terhadap beberapa kategori produk minuman ringan dan teh kemasan botol. Pengukuran perilaku konsumen terhadap TBS ini sangat penting bagi perusahaan untuk melihat sejauh mana kepuasan konsumen terhadapa TBS dan bagaimana persepsi konsumen terhadap TBS. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap TBS dan beberapa merek pesaing, mengetahui persepsi dan sikap terhadap TBS, mengidentifikasi atribut-atribut produk TBS yang disukai oleh konsumen. Dalam pengukuran persepsi dan preferensi konsumen terhadap TBS oleh masyarakat kodya Bogor, responden dibagi menjadi lima kelompok yaitu berdasarkan lokasi penelitian, jenis kelamin, kelompok usia, tingkat pendidikan, dan tingkat pengeluaran rumah tangga perbulan. Responden berdasarkan lokasi penelitian dibagi menjadi lima lokasi yaitu RW 01 Kelurahan Tegallega dengan 29 responden, RW10 Kelurahan Baranangsiang dengan jumlah responden 20 orang, RW 07 Kelurahan Bantarjati dengan jumlah responden 20 orang, RW 09 Kelurahan Kedung Waringin dengan jumlah responden sebanyak 27 orang, RW 04 Kelurahan Sindang Barang dengan jumlah responden sebanyak 20 orang. Untuk mengukur persepsi konsumen terhadap TBS maka digunakan analisis multiatribut Fishbein, dengan model ini dapat dilihat hubungan antara produk yang Untuk mengukur persepsi konsumen terhadap TBS maka digunakan analisis multiatribut Fishbein, dengan model ini dapat dilihat hubungan antara produk yang dimiliki konsumen dan sikap terhadap produk berkenaan dengan ciri atribut produk, untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sepuluh atribut pada TBS maka digunakan skala likert. Untuk mengetahui tingkat kepuasan yang paling menonjol yang dirasakan oleh konsumen terhadap suatu atribut produk maka dilakukan uji wilayah berganda Duncan. Uji ini dilakukan setelah dilakukan analisis ANOVA. ma milik IPB Hasil perhitungan dalam penelitian persepsi konsumen terhadap beberapa merek tel botol adalah: kedudukan TBS dan Tekita tidak terlalu jauh, dimana total nilai sikap konsumen terhadap TBS yaitu 29.289 dan total nilai sikap konsumen terhadap Tekita adalah 22.53 hanya selisih 6.759 dan sama-sama berada pada kategori mendekati baik. Hal ini menunjukkan bahwa posisi Tekita di pasaran untuk daerah Kota Bogor ini hampir menyamai TBS. Kedudukan TBS dengan Hi-C, TBS masih berada jauh di depan Hi-C dimana total nilai sikap konsumen Hi-C sebesar 15.075, berarti selisih 14.214, ini menandakan bahwa produk Hi-C masih dipersepsikan lebih rendah oleh konsumen dibanding TBS dan Tekita…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural economicsid
dc.subject.ddcConsumer behaviorid
dc.titleAnalisis perilaku konsumen di kota Bogor terhadap teh botol sosroid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record