Pengaruh Pengalaman Ketidakpuasan, Culture Value dan Nilai Kerugian terhadap Niat Komplain pada Barang Elektronik
Abstract
Ketidakpuasan pembelian barang elektronik dapat menimbulkan adanya niat komplain, selain ketidakpuasan, culture value juga memengaruhi seseorang berniat untuk melakukan komplain. culture value dalam penelitian ini meliputi individualisme dan kolektivisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman ketidakpuasan, culture value, serta nilai kerugian terhadap niat komplain pada barang elektronik. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive yaitu di Kelurahan Paledang RW 04, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive yang melibatkan 100 orang, yaitu suami atau istri yang mengambil keputusan dalam membeli barang elektronik. Data diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman ketidakpuasan, individualisme, dan usia memiliki pengaruh terhadap niat komplain, sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh terhadap niat komplain antara lain kolektivisme, nilai kerugian, dan pendapatan keluarga…