Show simple item record

dc.contributor.advisorSugema, Iman
dc.contributor.authorDewi, Anne Kania
dc.date.accessioned2024-05-06T01:48:29Z
dc.date.available2024-05-06T01:48:29Z
dc.date.issued1993
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/148568
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi segmen-segmen pasar konsumen kopi olahan berdasarkan variabel demografi serta menghitung besar pasar dan pangsa pasar untuk merek-merek dan jenis kopi untuk melihat persaingan yang terjadi pada tiap-tiap segmen demografi yang terbentuk. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data primer berupa keragaan karakteristik demografi dan konsumsi kopi di daerah Kotamadya Bogor (studi kasus). Data primer diolah dengan menggunakan program Lotus release 2.3 dan SAS release 6.03 serta kalkulator. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korespondensi berganda. Peminum kopi sebagian besar berasal dari golongan jenis kelamin laki-laki, berumur dewasa dan tua, bekerja, berpendidikan menengah dan tinggi, berada pada tahap daur hidup sarang utuh I dan II. Bukan peminum kopi sebagian besar berasal dari golongan anak-anak dan remaja, wanita, pelajar dan tidak bekerja serta berpendidikan rendah. Tingkat penghasilan tidak menjadi penciri profil peminum kopi dan bukan peminum kopi. Pengelompokan konsumen dengan cara a priori segmentation menghasilkan profil demografi untuk merek-merek kopi (Indocafe, Nescafe, Kapal Api, Liong Bulan, Piala, dan Teko), jenis kopi (bubuk, instan), dan tingkat pemakai- an/konsumsi kopi (ringan, sedang, berat). Konsumen merek- merek kopi bubuk cenderung mencirikan profil masyarakat kalangan bawah. Sedangkan konsumen merek-merek kopi ins- tan cenderung mencirikan profil masyarakat kalangan atas. Wanita berumur muda dengan pekerjaan ibu rumah tangga, pegawai negeri sipil, atau pelajar cenderung menjadi peminum kopi ringan. Laki-laki bekerja dan berumur matang cenderung menjadi peminum kopi berat. Sedangkan peminum kopi sedang mempunyai profil rata-rata dari kedua profil tersebut…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural Economicsid
dc.subject.ddcConsumentid
dc.titleSegmentasi pasar konsumen kopi olahan berdasarkan variabel demografi dengan analisis korespondensi : Studi kasus Daerah Kotamadya Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record