Show simple item record

dc.contributor.advisorHerlina, Lien
dc.contributor.advisorLinda, Kirsfianti
dc.contributor.authorNuryati, Lina
dc.date.accessioned2024-04-29T06:39:39Z
dc.date.available2024-04-29T06:39:39Z
dc.date.issued1990
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147772
dc.description.abstractPemasaran ekspor pada hakekatnya adalah suatu tran- saksi sederhana, tidak lebih dari membeli dan menjual produk antara para pengusaha di negara yang berbeda. Keberhasilan pemasaran ekspor memegang peranan penting dalam perkembangan perekonomian nasional. Salah satu primadona komoditas ekspor non migas saat ini adalah kayu lapis. Penelitian ini bertujuan mempelajari perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pemasaran ekspor kayu lapis Indonesia, memformulasikan permasa- lahan kedalam bentuk model matematis dan mengembangkan strategi pemasaran ekspor kayu lapis Indonesia sampai akhir Pelita V (tahun 1994). Strategi pemasaran dikembangkan berdasarkan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) untuk mengetahui posisi Indonesia, regresi linear berganda dan strategi pemasaran ekspor kayu lapis oleh APKINDO. Analisis regresi linear berganda menghasilkan model: Y 1666.085 0.087 X1 + 0.709 X3 4.36 X4 + 1.9 X5. - Model memperlihatkan X1 (produksi kayu bulat), X3 (realisasi produksi kayu lapis), X4 (harga rata-rata FOB), dan X5 (kurs dolar AS terhadap rupiah) berpengaruh nyata terhadap ekspor kayu lapis Indonesia. Saat ini, kayu lapis Indonesia menduduki posisi puncak dalam perdagangan hardwood plywood dunia serta memberikan sumbangan devisa besar bagi perekonomian Indonesia, yaitu sebesar 23% dari total nilai ekspor non migas. Masalah struktur ekspor kayu lapis yang kurang baik, diatasi dengan diversifikasi pasar meliputi Asia, Amerika dan Eropa. Strategi pemasaran yang dikembangkan adalah mutu produk sesuai permintaan konsumen, penetapan harga jual bersaing tetapi tidak dibawah harga rata- rata, memanfaatkan jalur distribusi yang ada dan menguntungkan, melakukan promosi terpadu antara swasta dan pemerintah, memanfaatkan para pelobi yang tangguh dan profesional dalam melakukan negosiasi serta menghimpun kekuatan melalui kerja sama antara pemerintah, swasta dan badan ekspor negara lain.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcStudi potensi dan peluang pemasaran ekspor kayu lapis Indonesiaid
dc.titleStudi potensi dan peluang pemasaran ekspor kayu lapis Indonesiaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record