Show simple item record

dc.contributor.advisorFewidarto, Pramono D.
dc.contributor.authorHarinugraha, Kukuh P.
dc.date.accessioned2024-04-29T04:10:37Z
dc.date.available2024-04-29T04:10:37Z
dc.date.issued1990
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/147720
dc.description.abstractBesarnya pangsa pasar yang dimiliki oleh suatu produk mencerminkan kedudukan produk tersebut di dalam pasarnya. Semakin besar pangsa pasarnya, maka akan semakin unggul kedudukannya. Pengembangan pangsa pasar ini sangat penting artinya dalam memperbesar laba perusahaan, yang berguna untuk memperluas kegiatan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, sebagian besar datanya diperoleh melalui pengumpulan pendapat responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan berencana, dan keluarannya berupa rekomendasi untuk menunjang perencanaan strategi pemasaran. Metoda analisis yang digunakan adalah Model rantai Markov, Penskalaan Dimensi Ganda (MDS), dan Komparasi Berpasangan. Pendugaan pangsa pasar menggunakan model Rantai Markov menunjukkan bahwa pangsa pasar minyak goreng Barco dan Bimoli akan mempunyai kecenderungan menurun sampai pada kondisi mantap 37.46 dan 34.84 persen. Sebaliknya, Vetco, Delisis, dan merek lain (Soya Oil, Tropicana Slim, Mazola) cenderung meningkat sampai pada kondisi mantap 11.18, 6.34, dan 10.16 persen. Kondisi mantap dicapai pada periode 29, dengan periode pengamatan satu bulan. Prioritas keputusan yang dipertimbangkan pelanggan dalam menentukan merek minyak goreng yang digunakan menunjuk- kan urutan (1) harga, (2) mutu produk, (3) ketersediaan, (4) promosi. Pemetaan tujuh merek dalam ruang berdimensi dua, diperoleh empat kelompok merek, yaitu (1) Barco dan Vetco, (2) Bimoli dan Delisis, (3) Soya Oil dan Mazola, (4) Slim. Tropicana Strategi yang dapat dikembangkan untuk memperbesar pangsa pasar Bimoli adalah (1) strategi harga, (2) strategi penyempurnaan produk, (3) strategi promosi dan periklanan yang intensif, dan (4) strategi pengembangan pasar.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcMempelajari peluang pengembangan pangsa pasar untuk menunjang strategi pemasaran minyak goreng kemasan eceran di Bogorid
dc.titleMempelajari peluang pengembangan pangsa pasar untuk menunjang strategi pemasaran minyak goreng kemasan eceran di Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record