Strategi bauran pemasaran beras pandanwangi dengan metode fuzzy AHP
View/ Open
Date
2015Author
Pramesti, Irni Indriani
Arkeman, Yandra
Wibawa, Dhani Satria
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu produk pangan khas Cianjur yang dapat diandalkan sebagai daya tarik kedaerahan yaitu Beras Pandanwangi. Peningkatan strategi pemasaran melalui pemilihan prioritas bauran pemasaran dapat mengatasi masalah persaingan beras substitusi dan adanya beras campuran. Aspek-aspek bauran pemasaran dalam strategi gini mencakup strategi produk, harga, distribusi/tempat dan promosi.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor penyusun strategi bauran pemasaran dan menentukan prioritas yang dapat diterapkan dalam memasarkan beras pandan wangi Cianjur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan kuesioner yang diberikan kepada lima orang pakar serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Sedangkan untuk alat analisis yang digunakan adalah fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process).
Berdasarkan hasil pembobotan dengan fuzzy AHP dapat diketahui bahwa tujuan pemasaran yang paling diprioritaskan adalah meningkatkan penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut, bauran pemasaran utama yang perlu ditingkatkan adalah produk dengan subfaktor keseragaman kualitas…