Aplikasi Sistem Ahli Dalam Strategi Promosi Produk Agroindustri
Abstract
Sistem Ahli (SA) adalah program komputer intelijen yang menggunakan pengetahuan dan prosedur inferensi untuk memecahkan masalah yang rumit dan tidak terstruktur dengan baik (illstructured) yang memerlukan kemampuan seorang ahli untuk pemecahannya (Feigenbaum di dalam Harmon dan King, 1985). Dalam studi ini digunakan Sistem Pengetahuan Skala Kecil (SPK) untuk menentukan jenis promosi yang paling efektif untuk beberapa produk agroindustri, baik barang konsumen mau- pun barang industri. Model PROMFE86 dirancang dengan pendekatan sistem, dan dapat digunakan oleh para manajer pemasaran serta kepala bagian pemasaran dari perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri.
Model PROMFE86 terdiri dari tiga buah subprogram, yaitu:
1. Program PROMOTI, yang merupakan SPK berisi mekanisme inferensi dan ingatan kerja untuk penentuan alternatif jenis promosi.
2. Program MPE, yang berisi Metoda Perbandingan Eksponensial untuk menentukan urutan prioritas jenis promosi.
3. Program FA, yang merupakan teknik penunjang keputusan dengan memakai teori Bayes untuk menentukan pilihan media promosi yang spesifik.
Informasi yang digunakan untuk verifikasi model didapatkan dari hasil wawancara dengan beberapa manajer pemasar- an serta dengan agen periklanan.
Verifikasi model PROMFE86 untuk produk jamu menghasilkan jenis promosi yang paling tepat adalah majalah umum non pertanian, sedangkan untuk makanan ternak adalah radio siaran AM melalui siaran pedesaan.