Analisis preferensi konsumen untuk penetuan spesifikasi produk baru : studi kasus: produk selai lembaran
Abstract
Pengembangan produk baru merupakan kegiatan yang diperlukan oleh suatu perusahaan atau industri dalam melangsungkan hidupnya. Proses pengembangan produk baru akan berhasil apabila didukung oleh ide dan konsep produk baru yang tepat. Ide dan konsep produk baru ini dapat berasal dari dalam mau- pun luar perusahaan.
Produk baru yang akan dikembangkan memiliki resiko kegagalan yang besar, terutama pada saat memasarkannya. Oleh karena itu diperlukan suatu riset untuk membantu menyusun konsep produk sehingga produk baru yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya potensi pasar dan perilaku konsumen selai, mengidentifikasi dan menyusun konsep produk baru selai lembaran yang sesuai dengan kesukaan dan kebutuhan konsumen, mempelajari serta mengetahui secara garis besar aspek teknologis dalam pembuatan produk lembaran selai. ...