Analisis Strategi pemasaran ekspor bunga potong : Studi kasus pada PT. Alam Indah Bunga Nusantara Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Bogor
Abstract
Pengembangan komoditas hortikultura dalam program pembangunan nasional dilakukan melalui pendekatan agribisnis dan agroindustri yang memungkinkan untuk meningkatkan nilai tambah produk-produk hortikultura. Tanaman hortikultura khususnya tanaman hias dan bunga potong mendapat perhatian dari peneliti dan pencinta karena permintaannya yang semakin meningkat.
Bunga potong merupakan salah satu jenis produk hortikultura yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Komoditi bunga potong ini lebih diutamakan dalam program pengembangan tanaman hias Indonesia karena industri bunga potong memberikan peluang ekonomi yang tinggi. Indonesia dengan potensi alam yang mendukung serta sumber keanekaragaman nutfah khususnya tanaman hias dan bunga potong, memiliki nlai ekonomi yang tinggi selain itu juga dapat diusahakan pada lahan yang relatif sempit.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran ekspor yang di terapkan oleh perusahaan, mengidentifikasi variabel-variebel yang terdapat pada lingkungan eksternal dan internal yang dihadapi perusahaan dalam strategi ekspor. Penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran ekspor PT Alam Indah Bunga Nusantara (PT AIBN) dalam melakukan pemasaran ekspor bunga potong…dst