Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat (Intention) Kursus Online Keterampilan Digital Berbayar Pada Generasi Z
Abstract
Pada masa pemulihan Covid-19, perusahaan teknologi pendidikan (edtech)
termasuk penyedia layanan kursus online keterampilan digital mengalami
penurunan penjualan kursus-kursus baru. Penyebabnya mungkin karena
menurunnya minat konsumen untuk mengikuti kursus online berbayar atau
ketatnya persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati karakteristik dan
minat generasi Z terhadap kursus online keterampilan digital berbayar, serta
faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan mayoritas minat kursus online keterampilan digital berbayar pada
generasi Z masuk dalam kategori sedang. Pada penelitian ini sikap, norma
subjektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh secara simultan terhadap
minat generasi Z. Namun, norma subjektif pada secara parsial tidak berpengaruh
terhadap minat generasi Z. Perusahaan dapat meningkatkan minat dengan cara
meningkatkan sikap positif dan persepsi kontrol perilaku positif generasi Z
terhadap layanan yang mereka tawarkan. Semakin tinggi sikap dan persepsi
kontrol perilaku positif semakin tinggi minat generasi Z untuk mengikuti kursus
online keterampilan digital berbayar.
Collections
- UT - Business [425]