Efektifitas program siaran pendidikan melalui televisi Indonesia : Kasus pada siswa SMP Negeri 3 Bogor dan SMP PGRI 7 Warung Jambu Bogor
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas siaran TPI dan sasaran siaran yang terjangkau TPI, 2. mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas program siaran TPI, 3. mengetahui penyelenggaraan program siaran TPI yang sesuai dengan siswa, 4. mengetahui peranan guru dan orangtua terhadap siswa dengan adanya siaran pendidikan dari TPΡΙ.
Penyelenggaraan program siaran pendidikan melalui televisi melibatkan unsur-unsur perencana, pelaksana, pembina(guru) dan pemirsa (siswa). Televisi Pendidikan Indonesia pada saat ini menyajikan siaran pendidikan dalam bentuk fragmen, sandiwara, wawancara dan ceramah.
Penyelenggaraan program siaran pendidikan TPI pada taraf tertentu berhasil mempengaruhi jumlah penonton yang menyaksikan siaran TPI, baik pada siswa SMP Negeri 3 maupun siswa SMP PGRI 7 Bogor. Perubahan jumlah penonton untuk masing-masing golongan penonton tidak sama besarnya, hal ini dipengaruhi oleh hari siaran, kelas acara siaran, waktu penyiaran dan cara penyajian siaran TPI.
Rata-rata jumlah penonton terbanyak setiap acara siaran menurut hari siaran adalah hari Kamis dan Sabtu. Hal ini disebabkan kualitas acara TPI hari Kamis dan Sabtu lebih menarik dibandingkan hari-hari lain khususnya untuk acara hiburan. Sedangkan berdasarkan kelas acara siaran, rata-rata jumlah penonton terbanyak adalah kelas acara hiburan 152.2 siswa. Kelas acara pendidikan paling kecil rata-rata jumlah penontonnya yaitu 143.0 siswa. Bila dibandingakan antara kedua kelas acara tersebut terdapat perbedaan nyata antara kelas acara hiburan dengan kelas acara pendidikan.