Analisa sidik gerombol K - rataan terhadap nilai IPA dan Matematika siswa SLTA yang diterima IPB melalui TUSM dari tahun 1981/82 S/D 1984/85
View/Open
Date
1986Author
Hatta, Iha Haryani
Rambe, Abdurrauf
Mattjik, Ahmad Ansori
Pallawarukka
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap tahun pada tahap pendidikan SLTA ke PT terjadi ketidak seimbangan karena peningkatan jumlah tamatan SLTA yang ingin meneruskan pelajarannya ke PT tidak sesuai dengan peningkatan kemampuan dan kapasitas sarana pendidikan yang tersedia. Keadaan ini menimbulkan masa- lah dalam penyeleksian calon mahasiswa yang mempunyai kelayakan akademis untuk diterima menjadi mahasiswa baru melalui TUSM.
Beranjak dari permasalahan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah :
1. Mempelajari sidik gerombol k-rataan digunakan untuk mengelompokkan SLTA yang mempunyai nilai relatif sama.
2. Melihat perkembangan prestasi yang dicapai suatu SLTA.
Atas dasar nilai mata ajaran IPA dan Matematika bagi SLTA yang selama empat tahun siswanya diterima IPB melalui TUSM dilakukan sidik gerombol k-rataan dan di- tentukan tiga gerombol. Penggerombolan atas dasar NMR. TPB IPB ditentukan juga tiga gerombol.
Penggerombolan atas dasar skor komponen tidak ber- pengaruh terhadap penggerombolan atas dasar NMR.
SLTA-SLTA yang disertakan dalam penelitian ini atas dasar skor komponen sebagian besar (52,60%) mengikuti pola perkembangan tetap setidaknya selama tiga tahun. Pola seleksi mahasiswa baru di IPB melalui TUSM dapat di- katakan sudah mantap. SLTA tersebut (76,88%) mengikuti pola perkembangan tetap di NMR 2, NMR 3, yang meningkat, dan yang menurun dari NMR 3 ke NMR 2, setidaknya selama tiga tahun. Pola seleksi mahasiswa baru di IPB melalui TUSM dapat dikatakan sudah baik.