Perancangan Aplikasi FWCHANGER sebagai Solusi Permasalahan Food Waste dengan Pendekatan Model Bisnis Sosial
Date
2023-12-15Author
Syahputri, Vanya Ayu
Jahroh, Siti
Megawati, Lokita Rizky
Metadata
Show full item recordAbstract
The issue of food waste is increasingly gaining attention in various countries due to its detrimental impact on the environment, economy, and society. One of the favored options for managing this waste is through recycling, which is now combined with the concept of "from trash to cash" through digital platforms. This research aims to identify the obstacles faced by households in managing food waste, design a prototype food waste management application as a solution to overcome the problem of food waste in the household, and develop an appropriate and verified business model to solve the problem of food waste in the household. This study employed customer discovery with a descriptive qualitative approach, using non-probability sampling techniques in the form of purposive sampling by distribute the survey online from June 2023 to August 2023. The results of that study indicated that respondents faced five main issues related to food waste, namely a lack of knowledge, limited information about waste disposal service providers, time constraints, difficulties in dealing with easily perishable waste, and laziness. In addressing those issues, FWCHANGER had developed several solutions by integrating features tailored to the preferences of respondents. The adopted business model, the social lean canvas, was successfully verified through three crucial components: product-market fit, customer outreach approach, and the company's profit strategy. Isu food waste atau sampah makanan yang semakin menjadi perhatian di berbagai negara karena dampaknya yang merugikan terhadap lingkungan, ekonomi, dan sosial. Salah satu opsi yang diminati untuk mengelola sampah ini adalah dengan metode daur ulang (recycle), yang kini dikombinasikan dengan konsep "from trash to cash" melalui digital platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi rumah tangga dalam mengelola food waste, merancang prototype aplikasi pengelolaan food waste sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan limbah food waste dalam rumah tangga, dan menyusun model bisnis yang tepat dan terverifikasi untuk memecahkan permasalahan limbah food waste dalam rumah tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer discovery dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik non-probability sampling berupa purposive sampling dengan menyebarkan survei secara online yang berlangsung pada Juni 2023 hingga Agustus 2023. Hasil dari studi ini mengindikasikan bahwa ada lima isu utama yang dihadapi oleh responden terkait food waste yaitu kurangnya pengetahuan, informasi terbatas tentang penyedia jasa penyaluran, keterbatasan waktu, kesulitan menghadapi sampah yang mudah busuk, dan rasa malas. Dalam mengatasi hal tersebut, FWCHANGER telah mengembangkan beberapa solusi dengan mengintegrasikan fitur-fitur yang disesuaikan sesuai dengan preferensi para responden. Model bisnis yang diadopsi, yaitu social lean canvas, telah berhasil diverifikasi melalui tiga komponen penting, yakni kesesuaian produk dengan pasar, pendekatan dalam menjangkau pelanggan, serta strategi perusahaan menghasilkan keuntungan.
Collections
- UT - Business [425]