Status Pendidikan Anak Usia 7-12 thun Dihubungkan dengan Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tuanya
Abstract
Tujuan penelitian adalah membandingkan ciri/karakteristik rumah tangga yang menyekolahkan dengan yang tidak menyekolahkan anaknya ditelaah dari keadaan sosial ekonomi orang tuanya. Selain itu juga diamati anak usia 7-12 tahun yang tidak/belum pernah bersekolah dan yang tidak bersekolah lagi, dilihat dari kemampuan membaca dan menulis, kegiatan yang biasa dilakukan dan kelas tertinggi yang pernah diduduki.
Data yang digunakan berasal dari Biro Pusat Statistik yaitu hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 1989 di Propinsi Jawa Tengah.
Penguraian secara deskriptif menunjukkan, dari empat karakteristik rumah tangga, terdapat perbedaan yang nyata pada pendidikan kepala rumah tangga, sumber penghasilan utama dan rata-rata pengeluaran rumah tangga sebulan diantara kedua kelompok rumah tangga, sedangkan untuk umur kepala rumah tangga tidak terlihat adanya perbedaan. Hasil yang diperoleh menunjukkan keadaan yang lebih baik untuk rumah tangga yang semua anaknya masih sekolah dibandingkan rumah tangga dengan satu atau lebih anak yang tidak bersekolah, dan rumah tangga di kota keadaannya juga lebih ..dst