Perilaku konsumsi suplemen makanan dietary fiber pada konsumen dewasa di kota Bogor Selatan
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi suplemen makanan dietary fiber di Kota Bogor Selatan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah identifikasi brand awareness suplemen makanan dietary fiber pada contoh, mengetahui asosiasi citra (brand assosiation) merek suplemen makanan dietary fiber pada contoh, mengetahui alasan contoh dalam hal mengkonsumsi suplemen makanan dietary fiber, mengetahui loyalitas merek suplemen makanan dietary fiber pada contoh, mengetahui perpindahan merek suplemen makanan dietary fiber pada contoh, menganalisis hubungan antara merek suplemen makanan dietary fiber yang pertama diingat dengan merek suplemen makanan dietary fiber yang dikonsumsi oleh contoh, menganalisis hubungan antara jenis kelamin contoh dengan merek suplemen makanan dietary fiber yang dikonsumsi oleh contoh. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan mengambil lokasi
penelitian di Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang
dipilih secara purposive. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan November
sampai Desember 2002. Jumlah contoh yang diambil sebanyak 100 orang. Data
yang dikumpulkan meliputi data sekunder dan data primer. Data primer meliputi data
faktor internal (jenis kelamin, umur, pekerjaan, tingkat pendidikan, keadaan
kesehatan, kondisi fisiologis, tingkat pendapatan, dan pengetahuan gizi tentang
minuman suplemen dietary fiber), faktor eksternal (sumber informasi dan
ketersediaan produk), atribut produk (merek, harga, klaim, label, citra rasa, dan
kandungan gizi), dan konsumsi suplemen dietary fiber (frekuensi pemakaian, tingkat
konsumsi, loyalitas merek, brand switching, brand awareness, brand assosation, dan
alasan) dikumpulkan dengan teknik wawancara dengan menggunakan kuesioner
sebagai alat bantu. Data sekunder meliputi data keadaan umum yang dicatat dari
kantor kecamatan Bogor Selatan. Analisis dilakukan secara deskriptif dan statistik..
Analisis statistik yang dilakukan adalah uji Chi Square.
Dari 100 orang contoh yang tidak mengkonsumsi, mengkonsumsi, dan tidak lagi mengkonsumsi suplemen makanan dietary fiber, sebagian besar mengetahui produk suplemen makanan dietary fiber melalui media televisi (86%). Sebanyak 39,6% contoh yang mengkonsumsi suplemen makanan dietary fiber, membeli produk tersebut di warung, dan menyatakan bahwa produk tersebut selalu tersedia.
Collections
- UT - Nutrition Science [2989]