Pengembangan sistem pakar untuk penentuan strategi pemilihan media periklanan produk industri susu
Abstract
Jumlah industri susu yang meningkat pesat menyebabkan persaingan diantaranya menjadi ketat. Oleh karena itu peran pemasaran menjadi semakin penting dalam rangka merebut pangsa pasar seperti yang diharapkan. Kegiatan periklanan adalah salah satu usaha yang dititikberatkan dalam persaing- an tersebut. Periklanan dilakukan untuk tujuan jangka panjang, dengan cara merubah persepsi dan preferensi konsu- men sasarannya.
Periklanan sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran memiliki empat komponen yaitu sumber, media, pesan, penerima pesan. dan Strategi periklanan mencakup strategi media dan strategi kreatif. Berdasar observasi lapang, iklan produk pangan akan lebih menarik dengan menggunakan media pandang dengar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor- faktor pelaksanaan dan strategi media periklanan produk susu, serta merekayasa sistem pakar untuk dukungan keputusan strategi pemilihan media periklanan bagi Manajer Promosi dan Pemasaran. ...