Show simple item record

dc.contributor.advisorJahroh, Siti
dc.contributor.advisorHannan, Sufrin
dc.contributor.authorUltimarchya, Debra
dc.date.accessioned2024-02-05T07:02:48Z
dc.date.available2024-02-05T07:02:48Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137603
dc.description.abstractEkonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang sedang berkembang di Indonesia karena adanya pertumbuhan ekonomi global. Terdapat tujuh sektor dalam industri kreatif yang membutuhkan creative talent di belakang layar, salah satunya adalah profesi makeup artist. Sektor tersebut yaitu: sektor musik; fesyen; seni pertunjukan; fotografi; periklanan; TV dan radio; serta film, animasi, dan video. Erialsr Makeup Artist merupakan salah satu makeup artist domisili di Kota Bogor yang memiliki reputasi yang baik. Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh Erialsr Makeup Artist meliputi jasa makeup, jasa hairdo, kursus makeup secara offline dan online, kursus hairdo secara offline, weekly practice, creative consultant dan Key Opinion Leader. Penelitian dilakukan pada bulan Juni hingga Desember 2023, dengan data yang diambil dari 31 responden yang terdiri dari 5 orang manajemen internal Erialsr Makeup Artist, 10 orang murid, 10 orang klien, 4 orang makeup artist senior, 1 orang anggota asosiasi MUA (makeup artist) Indonesia, dan 1 orang stakeholder dari brand makeup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kompetensi inti, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada lingkungan internal dan eksternal, serta merumuskan strategi dan menentukan prioritas strategi bagi Erialsr Makeup Artist. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks VRIO, porter's five forces model, analisis PEST, Matriks Evaluasi Faktor Internal (IFE), Matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Matriks Internal - Eksternal, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Kompetensi inti yang dimiliki oleh Erialsr Makeup Artist adalah memiliki ciri teknik makeup yang khas dan memiliki kemampuan untuk menciptakan tren. Berdasarkan hasil Matriks IFE, didapatkan faktor kunci internal berupa (6) kekuatan dan (6) kelemahan serta faktor kunci eksternal berupa (5) peluang dan (5) ancaman. Hasil matriks IE menunjukkan posisi Erialsr Makeup Artist berada pada kuadran I yaitu Grow and Build. Strategi yang dapat dilakukan berupa penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar dengan strategi prioritas berupa: diversifikasi program kursus makeup online dengan menciptakan produk materi kursus baru serta memperluas jangkauan diluar Kota Bogor dan Kota Jakarta dan diversifikasi program kursus makeup offline dan jasa makeup dengan menciptakan produk materi kursus baru serta produk jasa makeup baru dan melakukan intensif penjualan pada Kota Bogor dan Kota Jakarta. Strategi tersebut dapat diperkuat dengan aspek legal melalui akte pendirian usaha serta mendaftarkan teknik dan merk pada HAKI agar memperoleh perlindungan hukum.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Jasa Makeup Artist Erialsrid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEkonomi Kreatifid
dc.subject.keywordKompetensi Intiid
dc.subject.keywordMakeup Artistid
dc.subject.keywordStrategi Bisnisid
dc.subject.keywordQSPMid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record