Minat Beli dan Willingness to pay Suporter Mobile Legends terhadap Merchandise: Studi Rex Regum Qeon
Abstract
Rex Regum Qeon (RRQ) merupakan salah satu tim e-sport Mobile Legends Indonesia dengan jumlah populasi suporter loyal dan fanatik terbanyak. Namun demikian, penjualan jersey RRQ dari official store masih rendah. Kondisi kuantitas penjualan merchandise tiruan ternyata lebih mengungguli kuantitas penjualan merchandise asli. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik suporter, minat beli terhadap merchandise, dan willingness to pay jersey RRQ. Tahapan minat beli menggunakan indikator attention, interest, desire dan action (AIDA). Responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang suporter. Data diolah menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli suporter RRQ mengalami penurunan pada setiap tahap minat beli dan penetapan harga yang dilakukan oleh RRQ Store pada jersey fans dan jersey pro hanya menarik minat sebesar 11% dan 5% responden. Oleh karena itu, kisaran harga jersey yang sesuai untuk ditawarkan antara Rp. 150.000 dan Rp. 300.000, sehingga akan diperoleh potensi penambahan calon konsumen menjadi 52% dan 7%, tentunya dengan dilakukan penyesuaian produk.
Collections
- UT - Business [425]