Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.authorSyani, Diah Fitalina
dc.date.accessioned2024-02-05T06:51:08Z
dc.date.available2024-02-05T06:51:08Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137591
dc.description.abstractTrend pariwisata saat ini telah mengalami pergeseran dari pariwisata massal ke pariwisata alternatif salah satunya adalah desa wisata. Pertumbuhan jumlah desa wisata yang terus menerus, membuat para pengelola desa wisata berlomba meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Platform media sosial adalah saluran informasi utama perjalanan online. Konten ulasan yang ada di media sosial secara tidak langsung mempengaruhi opini wisatawan terhadap tujuan wisata. Keberadaan ulasan konten yang menarik akan membuat individu merasa terpanggil untuk menerima pesan tersebut. Instagram merupakan salah satu sosial media yang mampu membuat konten menarik menggunakan visual based strategy dan didukung keberadaan algoritma yang memungkinkan pengguna menemukan informasi berdasarkan ketertarikan terhadap suatu ulasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk dan karakteristik ulasan, efektivitas pesan ulasan, tingkatan brand awareness, serta menganalisis strategi pemasaran yang dapat diterapkan pengelola desa wisata dalam meningkatkan brand awareness. Desain penelitian ini bersifat eksploratif dengan metode analisis isi kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari akun Instagram wisatawan yang mengulas Desa Wisata Pujon Kidul di media sosial Instagram. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 200 unggahan. Data kuantitatif diolah menggunakan SPSS 25.0 dan data kualitatif diolah menggunakan Nvivo 12. Hasil penelitian menunjukkan bentuk ulasan yang paling banyak digunakan adalah gambar dengan tagar #desawisatapujonkidul, akun Instagram pribadi lebih dominan memberikan ulasan dan menggunakan bahasa yang tidak baku, jumlah followers erat kaitan dengan engagement dan kepercayaan konsumen, semakin banyak followers maka jangkauan untuk tersebarnya ulasan semakin luas, sehingga akan semakin banyak menerima likes dan komentar. Ulasan dalam bentuk video lebih direkomendasikan karena menghasilkan likes lebih banyak dan berpotensi meningkatkan brand awareness. Pesan ulasan Instagram Desa Wisata Pujon Kidul menarik, berpotensi meningkatkan kesadaran untuk berlibur, dan meningkatkan kesadaran terhadap desa wisata. Ulasan wisatawan berada pada tingkat pengenalan merek (brand recognition) dimana wisatawan baru mengenali atribut produk. Dalam upaya meningkatkan brand awareness, pengelola Desa Wisata Pujon Kidul harus memanfaatkan platform media sosial Instagram secara maksimal, membuat diferensiasi produk dari pesaing, melakukan content planning dengan mengunggah paket wisata diwaktu dan tema yang disesuaikan, membuat promosi yang unik (kuis, mini survey, polling atau question box) sehingga mampu mendorong konsumen untuk melakukan interaksi dengan media sosial Desa Wisata Pujon Kidul, memanfaatkan tagar, serta perlu adanya kolaborasi antara pemerintah, pengelola desa wisata, dan masyarakat untuk pembangunan desa wisata.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Isi Brand Awareness Desa Wisata Melalui Ulasan Instagramid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordAnalisis Isiid
dc.subject.keywordDesa Wisataid
dc.subject.keywordInstagramid
dc.subject.keywordUlasan Konsumenid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record