Show simple item record

dc.contributor.advisorWidhiani, Anita Primaswari
dc.contributor.advisorPalupiningrum, Agustina Widi
dc.contributor.authorFrediansyah, Reswan
dc.date.accessioned2024-02-03T07:48:33Z
dc.date.available2024-02-03T07:48:33Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137392
dc.description.abstractSejak tahun 2018, telah diperkenalkan metode pembayaran baru kepada masyarakat yaitu paylater. Kehadiran paylater memunculkan kekhawatiran terkait pengelolaan keuangan. Layanan paylater yang banyak digunakan di Indonesia yaitu Shopee paylater. Indonesia dinilai cukup adaptif dalam menggunakan paylater. Terbukti dari jumlah pengguna yang terus meningkat, salah satunya dari Generasi Z atau lebih dikenal sebagai Gen Z. Gen Z mempunyai prinsip FOMO dan YOLO yang cenderung menikmati hidup dengan mengikuti tren saat ini sehingga mengesampingkan masa depan. Penelitian ini akan menganalisis financial management behavior pada Gen Z pengguna Shopee paylater. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan metode SEM-PLS untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis SEM-PLS, menunjukkan bahwa financial socialization, financial knowledge, dan financial experience terbukti positif dan signifikan memengaruhi financial management behavior pada pengguna Shopee paylater khususnya Gen Z. Namun, locus of control menunjukkan hasil negatif dan tidak signifikan memengaruhi financial management behavior.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleFaktor-Faktor yang Memengaruhi Financial Management Behavior pada Generasi Zid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordfinancial management behaviorid
dc.subject.keywordFOMOid
dc.subject.keywordgenerasi Zid
dc.subject.keywordpaylaterid
dc.subject.keywordYOLOid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record