Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Ekowisata Alam Ngariung Resort Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Date
2024Author
Abizhard, Abiel
Nurhayati, Popong
Sari, Linda Karlina
Metadata
Show full item recordAbstract
Meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan mendorong minat wisatawan untuk memilih objek-objek ekowisata sebagai destinasi berlibur. Alam Ngariung Resort merupakan salah satu objek ekowisata yang terletak di Kabupaten Bogor. Seiring dengan perkembangan teknologi, konsumen menjadi semakin selektif sehingga pelaku usaha pariwisata perlu memaksimalkan serta mempertahankan tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen Alam Ngariung Resort serta merumuskan rekomendasi perbaikan kinerja untuk meningkatkan tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen. Hasil analisis CSI dan TLI menggambarkan pengunjung Alam Ngariung Resort berada pada kategori “sangat puas” dan merupakan konsumen yang tergolong kedalam kategori “loyal”. Berdasarkan analisis IPA, atribut yang menjadi prioritas perbaikan adalah kondisi jalan menuju kawasan, penunjuk arah di luar dan dalam kawasan, serta kemudahan akses informasi. Beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan adalah mengajukan perbaikan jalan, meninjau kembali fungsi penunjuk jalan, serta meningkatkan fitur website.
Collections
- UT - Business [421]