Show simple item record

dc.contributor.advisorBaga, Lukman Mohammad
dc.contributor.authorSiagian, Iwan
dc.date.accessioned2024-01-29T04:53:21Z
dc.date.available2024-01-29T04:53:21Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136487
dc.description.abstractSektor pariwisata memegang peranan penting dalam pembangunan baik sebagai salah satu sumber pendapatan dan kesempatan kerja serta kesempatan berusaha yang tidak hanya melalui wisatawan asing tetapi juga dari wisatawan domestik, sehingga diramalkan akan terus bertumbuh dan berkembang menjadi salah satu kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Salah satu obyek pariwisata yang cukup menarik dan banyak peminatnya adalah obyek wisata kebun binatang. Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor dalam hal ini sebagai obyek pariwisata yang memadukan kebun binatang modern, lokasi wisata dan wisata alam sekaligus sebagai lembaga konservasi satwa ex-situ adalah obyek wisata yang saat ini tetap bertahan dalam mengelola sumber daya alam dan satwa, namun pada tahun 2000-2004 mulai terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Banyak faktor yang mungkin menyebabkan turunnya jumlah kunjungan wisatawan di Taman Safari Indonesia, misalnya maraknya kasus terorisme pada daerah-daerah wisata, menurunnya daya beli masyarakat, dan lain sebagainya. Penurunan jumlah pengunjung yang terus-menerus dikhawatirkan dapat menyebabkan kerugian bagi Taman Safari Indonesia. Oleh sebab itu perlu ditelaah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kenginan konsumen untuk kembali mengunjungi obyek wisata Taman Safari Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pengunjung Taman Safari Indonesia dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan wisatawan untuk kembali berkunjung ke Taman Safari Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dalam menentukan kebijakan bagi pengelola perusahaan di masa yang akan datang. Karakteristik yang dianalisis mencakup daerah asal, umur, jenis kelamin, status perkawinan, tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan, frekuensi kunjungan, apakah sudah berkunjung sebelumnya, biaya rekreasi, pengaruh terhadap virus flu burung dan pengaruh terhadap kenaikan BBM. Disamping itu didapatkan juga persepsi pengunjung mengenai ciri obyek Taman Safari Indonesia yang mencakup daya tarik, ketersediaan fasilitas dan aksesibilitas. Tabulasi silang juga dilakukan antara variabel kembali berkunjung dengan variabel-variabel lainnya untuk mengetahui hubungan variabel kembali berkunjung dengan variabel-variabel yang diduga mempengaruhinya. Melalui analisis regresi logistik diketahui bahwa faktor-faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap kunjungan wisatawan apakah akan berkunjung kembali atau tidak adalah aksesibilitas, daya tarik obyek wisata Taman Safari Indonesia dan sudah berkunjung sebelumnya. Implikasi studi perilaku konsumen terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan wisatawan untuk kembali berkunjung ke Taman Safari Indonesia adalah strategi promosi dan obyek wisata. Strategi promosi yang dilakukan oleh pihak pengelola Taman Safari Indonesia hendaknya lebih efektif yaitu dengan melakukan promosi secara gencar pada saat menjelang liburan dan juga dapat dipertimbangkan untuk menambah wahana-wahana baru.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcFaktorid
dc.subject.ddcfaktor yang mempengaruhiid
dc.subject.ddcwisatawanid
dc.titleFaktor-faktor yang mempengaruhi keinginan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Taman Safari Indonesiaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record