Show simple item record

dc.contributor.advisorPurnaningsih, Ninuk
dc.contributor.authorKoesoema, Aan Hardianto
dc.date.accessioned2024-01-29T03:15:26Z
dc.date.available2024-01-29T03:15:26Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/136451
dc.description.abstractRumah produksi (production house) adalah sebuah perusahaan pembuatan rekaman video dan/atau perusahaan pembuatan rekaman audio yang kegiatan utamanya membuat rekaman acara siaran, sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku untuk keperluan lembaga penyiaran (Penyiaran, 1997). Pentingnya sebuah rumah produksi adalah terutama karena fungsi dan kedudukan (status)nya sebagai komunikator, yang sangat erat kaitannya dengan televisi sebagai media yang mempunyai fungsi penyiaran (broadcasting) dalam komunikasi massa. Berdasarkan hal tersebut menarik kiranya untuk melihat lebih jauh bagaimana peranan rumah produksi sebagai komunikator dalam komunikasi massa, serta faktor- faktor yang mempengaruhi peranannya sebagai komunikator dalam komunikasi massa. Dengan tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana karakteristik dan mekanisme kerja suatu rumah produksi (production house) sebagai organisasi secara empiris, serta peranan suatu rumah produksi (production house) sebagai komunikator dalam komunikasi massa, dan juga mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peranan suatu rumah produksi sebagai komunikator dalam komunikasi massa. Metode dalam penelitian ini adalah strategi studi kasus, yaitu melakukan deskripsi secara mendalam pada tingkat mikro tentang karakteristik dan mekanisme kerja suatu rumah produksi (production house) secara empiris. peranan rumah produksi sebagai komunikator dalam komunikasi massa dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranannya. Pemilihan kasus dalam penelitian ini adalah PT. Avant Garde Production, berdasarkan studi literatur yang pernah dilakukan oleh peneliti dan kemudahan memperoleh data, serta kedekatan emosional dengan responden yang akan diwawancarai. PT. Avant Garde Production merupakan perusahaan yang bergerak dibidang rumah produksi, yaitu perusahaan yang mengolah informasi menjadi suatu pesan yang berbentuk audio-visual untuk disajikan kepada khalayak baik secara langsung ataupun melalui lembaga penyiaran (stasiun televisi). Karakteristik PT. Avant Garde Production sebagai suatu organisasi ialah memiliki lingkup kegiatan berupa pembuatan iklan televisi, video musik, program acara televisi, promosi acara perusahaan, profil perusahaan, serta desain dan pencetakan, dimana kegiatan tersebut dipengaruhi oleh unsur produksi, unsur teknik, unsur pemasaran, unsur keuangan, dan unsur administrasi/manajemen dalam perusahaan tersebut. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcRumah produksiid
dc.subject.ddcKomunikasi massaid
dc.titleAnalisis peranan rumah produksi(Production house) sebagai komunikator dalam komunikasi massaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record