dc.description.abstract | Program vaksinasi Covid-19 dosis lengkap merupakan upaya untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19. Namun, masih terdapat mahasiswa yang enggan melaksanakan vaksinasi hingga dosis lengkap karena percaya bahwa pandemi Covid-19 sudah selesai dan menganggap dirinya bukan kelompok yang
beresiko tinggi. Kemenkes RI memublikasikan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di platform YouTube dengan judul Kampanye SIAP – Tematik untuk mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Tujuan dari penelitian ini menganalisis hubungan antara karakteristik iklan dan karakteristik pengguna
YouTube dengan efektivitas Iklan Layanan Masyarakat Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuesioner dan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan 1) karakteristik iklan layanan masyarakat tersebut sangat baik dalam daya tarik dan kualitas isi pesan dan cukup baik pada frekuensi penayangan; 2)
efektivitas iklan layanan masyarakat sangat efektif pada seluruh aspek yaitu awareness, comprehend, interest, intention, dan action; 3) karakteristik pengguna YouTube tidak memiliki hubungan yang nyata dengan efektivitas iklan layanan masyarakat; 4) karakteristik iklan memiliki hubungan yang sangat nyata dengan efektivitas iklan layanan masyarakat. | id |