Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai dalam Menghadapi Penyederhanaan Birokrasi di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara
Date
2024-01-03Author
Achsanto, Cahyo
Ma'arif, M. Syamsul
Ekananta, Arry
Metadata
Show full item recordAbstract
Reformasi birokrasi merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik. Salah satu program reformasi birokrasi adalah penataan organisasi. Presiden RI dalam Sidang Paripurna MPR RI menyampaikan akan menyederhanakan eselonisasi menjadi 2 level dan melakukan penguatan terhadap jabatan fungsional di seluruh birokrasi pemerintah. Tujuan dari penyederhanaan birokrasi adalah peningkatan kinerja pegawai, seluruh instansi pemerintah termasuk Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mulai melakukan penyederhanaan struktur organisasi melalui pengalihan jabatan struktural ke dalam jabatan fungsional pada tahun 2021. Terdapat temuan yang menjadi perhatian peneliti dalam pelaksanaan pengalihan jabatan struktural eselon iv/pengawas menjadi jabatan fungsional yaitu berkurangnya kesempatan pegawai untuk berkarier melalui jabatan struktural, adanya nomenklatur baru dalam pelaksanaan peralihan jabatan struktural ke jabatan fungsional yaitu jabatan koordinator, subkoordinator serta adanya sistem kerja baru yang menyebutkan jabatan ketua tim menjadi perhatian peneliti dikarenakan jabatan-jabatan tersebut belum pernah ada dalam sistem jabatan struktural dan fungsional sebelumnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dan menemukan strategi untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam menghadapi penyederhanaan birokrasi di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah struktur organisasi, promosi jabatan, motivasi dan kinerja pegawai. Metode analisis yang digunakan adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan jumlah responden 330 pegawai dan analytical hierarchy process (AHP) dengan jumlah 5 Responden Analis.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa variabel struktur organisasi, promosi jabatan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada masa penyederhanaan birokrasi diterapkan. Untuk strategi peningkatan kinerja pegawai dapat dimulai dengan memperbaiki alur kerja secara menyeluruh melalui perbaikan proses bisnis dan standar operasional prosedur seluruh tugas dan fungsi. Perbaikan standar operasional prosedur harus mempertimbangkan jabatan eselon iv yang dihapus, adanya jabatan baru berupa ketua tim dan evaluasi waktu penyelesaian kegiatan agar tujuan peningkatan kinerja tercapai. Bureaucratic reform is the government's effort to realize good government governance. One of the bureaucratic reform programs is organizational restructuring. The President of the Republic of Indonesia in the MPR RI Plenary Session said that he would simplify echelonization to 2 levels and strengthen functional positions throughout the government bureaucracy. The aim of bureaucratic simplification is to improve employee performance, all government agencies including the Directorate General of Civil Aviation are starting to simplify the organizational structure by transferring structural positions to functional positions in 2021. There are findings that are of concern to researchers in the implementation of the transfer of echelon IV/supervisory structural positions to functional positions, namely the reduced opportunity for employees to pursue a career through structural positions, the existence of new nomenclature in the implementation of the transition from structural positions to functional positions, namely the positions of coordinator, sub-coordinator and the existence of a new work system which states that the position of team leader is of concern to researchers because these positions have never existed before. previous structural and functional position systems.
The aim of this research is to analyze influencing factors and find strategies to improve employee performance in encountering bureaucratic simplification at the Directorate General of Civil Aviation. The variables used in the research are organizational structure, promotion, employee motivation and performance. The analytical method used is the Structural Equation Modeling (SEM) method with a total of 330 employee respondents and analytical hierarchy process (AHP) with a total of 5 analyst respondents.
The results of the analysis show that the variables of organizational structure, promotion and motivation influence employee performance during the period when bureaucratic simplification was implemented. The strategy to improve employee performance can be started by improving overall work flow through improving business processes and standard operating procedures for all tasks and functions. Improvements to standard operating procedures must take into account the removal of echelon IV positions, the existence of new positions in the form of team leaders and evaluation of activity completion times so that performance improvement objectives are achieved.
Collections
- MT - Business [1036]