Kesejahteraan Psikologis dan Impulsive Buying: Peran Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Intensitas Penggunaan Instagram melalui Social Comparison
View/ Open
Date
2024Author
Salsabila, Ferani Amira
Yuliati, Lilik Noor
Riany, Yulina Eva
Metadata
Show full item recordAbstract
Tingginya penggunaan media sosial memiliki faktor penyebab dan dampak. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram. Salah satu faktor penyebab penggunaan Instagram adalah harga diri dan dukungan sosial dapat memicu terjadinya perbandingan sosial yang berdampak pada kesejahteraan psikologis dan perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial, harga diri, intensitas penggunaan Instagram terhadap kesejahteraan psikologis dan pembelian impulsif melalui perbandingan sosial. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanatori dengan teknik pengambilan sampel secara sukarela. Penelitian ini memiliki 222 responden dengan kriteria individu adalah pengguna Instagram yang berusia 18-24 tahun dan berdomisili di Indonesia. Analisis data yang dilakukan berupa analisis deskriptif, uji hubungan, dan uji pengaruh SEM dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.0 dan Lisrel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh terhadap intensitas penggunaan Instagram. Kemudian terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung intensitas penggunaan Instagram terhadap pembelian impulsif. Dengan memiliki kontrol diri diharapkan mampu mengatasi penggunaan Instagram yang memberikan dampak negatif seperti impulsive buying.