Pengaruh Perceived Value dan Perceived Risk terhadap Purchase Intention pada Produk Upcycled Fashion
Abstract
Produk upcycled fashion merupakan sebuah inovasi produk fashion yang saat ini tengah berkembang sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh industri fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen potensial produk upcycled fashion di Indonesia, menganalisis pengaruh perceived value dan perceived risk terhadap purchase intention pada produk upcycled fashion, dan menyusun rekomendasi berdasarkan analisis tersebut. Sikap konsumen pada produk digunakan sebagai mediator dalam menganalisis pengaruh perceived value dan perceived risk terhadap purchase intention. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei melalui instrumen penelitian berupa kuesioner daring. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 117 responden. Data diolah menggunakan metode PLS- SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden merupakan perempuan, berdomisili di Jawa Barat, dan memiliki anggaran untuk berbelanja produk fashion sebesar <Rp250.000,00. Ditemukan adanya pengaruh positif yang signifikan pada nilai emosional, nilai sosial, dan nilai lingkungan terhadap purchase intention pada produk upcycled fashion secara tidak langsung. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk para pelaku bisnis produk upcycled fashion berdasarkan penemuan tersebut yaitu dengan penggunaan storytelling, keterlibatan komunitas, dan sertifikasi produk.
Collections
- UT - Business [421]