Analisis Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Perumahan Greenland Forest Hill dan Kemang
Abstract
Salah satu kebutuhan penting yang sangat dibutuhkan penduduk saat ini adalah rumah. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan meningkatnya supplai properti, akan tetapi permintaan properti di Kabupaten Bogor justru menurun. Hal ini berpengaruh pada penjualan perumahan di Greenland Forest Hill dan Greenland Kemang. Variabel yang memengaruhi keputusan pembelian yaitu bauran pemasaran dan kualitas layanan. Hal ini dikarenakan perumahan Greenland Forest Hill dan Kemang memiliki harga kompetitif dan tingkat kunjungan ke marketing gallery yang tinggi namun penjualannya lebih rendah diantara pesaingnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen perumahan Greenland Forest Hill dan Greenland Kemang, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian perumahan di Greenland Forest Hill dan Greenland Kemang. Penelitian ini dilakukan di perumahan Greenland Forest Hill dan Greenland Kemang selama 4 bulan terhitung Juli hingga Oktober 2023 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi nya yaitu konsumen yang telah mengunjungi marketing gallery perumahan Greenland Forest Hill dan Greenland Kemang. Metode pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equatin Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan memanfaatkan tools SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden yang mengisi kuesioner sebanyak 200 responden dengan mayoritas laki-laki sebanyak 128 orang (64%). Rata-rata domisili konsumen yang mengunjungi perumahan Greenland Forest Hill dan Kemang berasal dari Bogor, namun beberapa konsumen berasal dari daerah seperti Jakarta, Depok, dan Bekasi. Mayoritas usia yaitu 26 – 35 tahun dengan status menikah dan memiliki pendapatan menengah keatas. Pada analisis SEM PLS menunjukkan bahwa keputusan pembelian signifikan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti niat pembelian. Selain itu variabel lainnya berpengaruh siginifikan pada variabel latennya. Pada pengujian indirect effect, variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian dibandingkan kualitas layanan. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian lebih dipengaruh oleh lokasi, harga, produk, dan promosi dibandingkan dengan layanan sales di marketing gallery Implikasi manajerial pada penelitian ini yaitu memfokuskan pemasaran di wilayah sekitar Bogor seperti Jakarta, Depok, dan Bekasi. Selain itu pemasaran harus fokus terhadap branding lokasi perumahan karena memiliki lokasi yang strategis dan memberikan pelayanan khusus bagi keluarga konsumen saat berkunjung karena keluarga konsumen memiliki nilai loading factor yang tinggi dibandingkan indikator lainnya. One of the most important needs of today's population is housing. The increase in population has led to an increase in the supply of property, but the demand for property in Bogor Regency has actually decreased. This affects housing sales at Greenland Forest Hill and Greenland Kemang. The variables that influence purchasing decisions are marketing mix and service quality. This is because Greenland Forest Hill and Kemang housing has competitive prices and a high level of visits to the marketing gallery but sales are lower among its competitors.
This study aims to identify the characteristics of Greenland Forest Hill and Greenland Kemang housing consumers, besides that this study aims to determine the effect of marketing mix and service quality on housing purchasing decisions at Greenland Forest Hill and Greenland Kemang. This research was conducted at Greenland Forest Hill and Greenland Kemang housing for 4 months from July to October 2023 using quantitative and qualitative approaches. The population is consumers who have visited the marketing gallery of Greenland Forest Hill and Greenland Kemang housing. The method of data processing and analysis in this study uses descriptive analysis and Structural Equatin Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) analysis by utilizing SmartPLS tools.
The results of this study indicate that the characteristics of respondents who filled out the questionnaire were 200 respondents with a majority of 128 men (64%). The average domicile of consumers who visit Greenland Forest Hill and Kemang housing comes from Bogor, but some consumers come from areas such as Jakarta, Depok and Bekasi. The majority of ages are 26-35 years old with married status and have middle to upper income. SEM PLS analysis shows that purchasing decisions are significantly influenced by various factors such as purchase intention. In addition, other variables have a significant effect on the latent variable. In testing the indirect effect, marketing mix variables have a greater influence on purchasing decisions than service quality. This shows that purchasing decisions are more influenced by location, price, product, and promotion than sales services at the marketing gallery. The managerial implication of this research is to focus on marketing in areas around Bogor such as Jakarta, Depok, and Bekasi. In addition, marketing must focus on branding the location of housing because it has a strategic location and provide special services for consumer families when visiting because consumer families have a high loading factor value compared to other indicators.
Collections
- MT - Business [1040]