dc.description.abstract | Synchronize Festival merupakan festival musik multi-genre tahunan berskala
nasional yang diselenggarakan oleh demajors. Synchronize Festival menjadi media
untuk 6 subsektor ekonomi kreatif. Tahun 2022 festival musik tersebut mengalami
pergantian direktur program pergantian ini menyebabkan perubahan pada konsep
dan acara festival musik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis
keputusan dan kepuasan konsumen di Synchronize Festival 2022 dengan
menggunakan variable kualitas festival. Penelitian dilakukan pada bulan Juli hingga
Agustus 2023. Jenis data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh
melalui penyebaran kuesioner ke pengunjung Synchronize Festival 2022. Data
diolah dengan metode deskriptif, Customer Satisfaction Index dan Importance
Performance Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik
responden didominasi oleh perempuan, dan mayoritas responden berumur 17-26
tahun, dengan domisili jabodetabek dan pendidikan sarjana. Analisis keputusan
pembelian menghasilkan bahwa motivasi utama responden membeli tiket adalah
karena sudah terbiasa menonton festival musik dan mayoritas responden melakukan
pencarian informasi dengan sumber informasi internet atau sosial media, selain itu
mayoritas responden melakukan pembelian secara terencana. Hasil dari analisis
IPA menyatakan bahwa ada sebanyak 7 indikator yang menjadi prioritas utama
untuk diperbaiki. Sedangkan dari analisis CSI dapat dilihat nilai kepuasan
konsumen synchronize dinilai sangat memuaskan dengan nilai 86,38%. | id |