Show simple item record

dc.contributor.advisorNabil, Mohammad
dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.authorSumirat, Surya
dc.date.accessioned2024-01-12T07:16:47Z
dc.date.available2024-01-12T07:16:47Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134575
dc.description.abstractInteraksi manusia dengan komputer akan lebih mudah dan efektif bila informasi yang disajikan terdiri atas beragam obyek seperti suara, gambar, teks, maupun animasi. Integrasi dari berbagai macam obyek tersebut yang membentuk suatu informasi disebut multimedia. Proses penyampaian informasi tersebut dinamakan presentasi Ada dua komponen penting dalam penyampaian informasi multimedia, yaitu pengaturan spasial dan sinkronisasi dari obyek yang terlibat di dalamnya. Pengaturan spasial meliputi pengaturan posisi maupun ukuran obyek, Sedangkan sinkronisasi meliputi pengaturan waktu mulai dan akhir suatu obyek, serta hubungan waktu dengan obyek lainnya atau yang disebut relasi waktu. Relasi waktu terdiri atas 13 jenis, 6 diantaranya merupakan kebalikannya. Relasi waktu tersebut adalah before, meets, overlaps, during, starts, finishes, before, meets, overlaps, during, starts, finishes, dan equals Aplikasi yang telah ada saat ini sudah baik dalam pengaturan spasial, namun dalam hal sinkronisasi belum maksimal. Hal ini dikarenakan dari 13 jenis relasi waktu yang ada, baru tersedia 2 jenis relasi waktu, yaitu relasi before dan meets, serta sinkronisasi obyek yang terlibat belum terlihat. Sinkronisasi diperlukan bila terdapat suatu proses yang berjalan pararel. Untuk memungkinkan suatu proses berjalan pararel diperlukan teknik pemrograman dengan pendekatan berbeda, yaitu dengan menggunakan konsep multithreading. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan teknik sinkronisasi multimedia dengan relasi waktu. Sistem ini dibangun dengan mengimplementasikan 7 macam relasi waktu utama dari beberapa obyek. Sistem ini mampu menjalankan presentasi obyek dengan lebih dinamis sesuai skenario yang diinginkan Relasi waktu antar obyek yang terlibat dalam presentasi mutimedia memiliki peran penting agar suatu presentasi berjalan dengan tepat sesuai skenario, khususnya dalam sinkronisasi obyek. Untuk memungkinkan agar suatu presentasi memenuhi kaidah yang ditentukan dalam relasi waktu, teknik pemrograman yang harus digunakan adalah mengacu pada konsep multithreading.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerancangan dan implementasi teknik sinkronisasi untuk presentasi menggunakan model relasi waktu antar obyekid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record