Show simple item record

dc.contributor.advisorHarmini
dc.contributor.authorFransiska, Tries Yuliany
dc.date.accessioned2024-01-12T02:15:47Z
dc.date.available2024-01-12T02:15:47Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134542
dc.description.abstractSektor pariwisata memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia, baik sebagai salah satu sumber penerimaan devisa maupun sebagai pencipta lapangan kerja serta kesempatan berusaha. Salah satu tempat wisata yang ada di Jakarta adalah Taman Margasatwa Ragunan (TMR). TMR merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa kawasan wisata sekaligus sebagai daerah konservasi eks-situ untuk perlindungan flora dan fauna. Persaingan yang ketat dalam industri pariwisata di Jakarta disebabkan karena banyaknya alternatif tempat wisata di Jakarta. TMR sebagai salah satu obyek wisata yang berada di Jakarta harus mampu mempertahankan keberadaannya. Eksistensi TMR sebagai tempat wisata tergantung pada konsumennya. Oleh karena itu, TMR harus berorientasi pada proses pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumennya. Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumennya, maka TMR perlu melakukan survei konsumen. Melalui survei konsumen dapat diperoleh informasi mengenai bagaimana proses keputusan konsumen berkunjung ke TMR dan keragaan tingkat kepentingan dan tingkat ketidakpuasan konsumen terhadap atribut-atribut TMR. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar dalam menyusun rekomendasi alternatif bauran pemasaran yang terfokus dan efektif sehingga pengelola TMR dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumennya. Maka masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses keputusan konsumen berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan, (2) bagaimana keragaan tingkat kepentingan dan ketidakpuasan konsumen terhadap atribut-atribut Taman Margasatwa Ragunan, (3) alternatif bauran pemasaran apakah yang sebaiknya dilakukan pengelola Taman Margasatwa Ragunan di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada bulan Mei sampai Juni 2004. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang terbesar di Indonesia. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode acidental sampling (sampel kebetulan) dengan cara memilih konsumen yang sedang berada di wilayah penelitian dan bersedia mengisi kuesioner dan diwawancarai. Keterbatasan waktu ijin turun lapang menyebabkan responden yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak tujuh puluh responden. Karakteritik responden dan proses keputusan konsumen berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan disajikan dalam bentuk tabulasi sederhana dan dianalisis secara deskriptif. Uji Friedman dimaksudkan untuk melihat perbedaan yang nyata pada tingkat kepentingan dan tingkat ketidakpuasan atribut TMR. Kemudian, untuk melihat posisi atribut-atribut TMR menurut tingkat kepentingan dan tingkat ketidakpuasannya, dilakukan dengan pemetaan pada sumbu kartesius. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcKonsumenid
dc.subject.ddcTaman Margasatwa Ragunanid
dc.subject.ddcJakarta Selatanid
dc.subject.ddcPasar Mingguid
dc.titleAnalisis proses keputusan konsumen berkunjung ke taman Margasatwa Ragunan Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatanid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record