Analisis usahatani dan pemasaran ubi cilembu di Desa Nagarawangi Sumedang
Abstract
Meningkatnya jumlah penduduk Indonesia menyebabkan kebutuhan pangan nasional meningkat. Ketergantungan pada hanya satu sumber pangan, yaitu beras akan menimbulkan barbagai masalah serius bagi bangsa Indonesia, terutama masalah ketahanan pangan. Setelah dilakukan peningkatan produksi, pembangunan pertanian diarahkan pada struktur komoditas yang lebih terdiversifikasi. Diversifikasi pangan berarti penganekaragaman produksi tanaman pangan non beras. Khususnya palawija, diversifikasi produksi tanaman pangan berarti peningkatan produksi yang cepat dari tanaman palawija utama, seperti ubi jalar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis aspek sarana produksi dan budidaya ubi Cilembu, (2) menganalisis dan membandingkan tingkat pendapatan usahatani ubi Cilembu dimasa krisis ekonomi dengan sebelum krisis ekonomi, (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani ubi Cilembu dan (4) menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer's share diterima petani dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan setiap lembaga pemasaran ubi Cilembu.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nagarawangi, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pemilihan lokasi atas pertimbangan bahwa Sumedang sebagai sentra produksi ubi Cilembu di Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 2002. Pengambilan contoh dalam penelitian ini dengan cara pengambilan contoh acak distratifikasi. Penentuan responden pedagang dan lembaga perantara dilakukan dengan cara mengikuti arus komoditi ubi Cilembu dari petani sampai konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara langsung dengan responden. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Analisis usahatani meliputi analisis pendapatan usahatani dan analisis imbangan penerimaan dengan biaya (R/C ratio). Analisis fungsi produks Cobb Douglass digunakan untuk menjelaskan hubungan antara produksi dengan faktor-faktor produksi yang mempengaruhi fungsi produksi. Analisis Pemasaran meliputi analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran dan farmer's share. ...