Show simple item record

dc.contributor.advisorBarizi
dc.contributor.advisorIndahwati
dc.contributor.authorWulandari, Desy Melania
dc.date.accessioned2024-01-09T02:36:40Z
dc.date.available2024-01-09T02:36:40Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134186
dc.description.abstractSusu merupakan komponen kelima dalam menu Empat Sehat Lima Sempurna. Berdasarkan kandungan gizi dan manfaatnya, susu sangat penting untuk dikonsumsi segala jenis usia, terutama golongan usia yang sedang mengalami pertumbuhan. Meningkatnya persentase pengeluaran rumah tangga untuk pembelian susu setiap tahunnya (data BPS tahun 1996, 1997 dan 1998) menyiratkan adanya pangsa pasar susu yang cukup besar. Dalam penelitian ini ditelusuri merk susu yang banyak dipilih responden, alasan pemilihan merk, karakteristik iklan yang disukai dan menelaah beberapa faktor yang diperkirakan turut menentukan pemilihan merk susu, yaitu faktor kondisi ekonomi keluarga, komposisi usia anggota keluarga dan iklan. Data yang digunakan adalah data primer dengan responden ibu rumah tangga di perumahan Bogor Baru dan Bantar Jati. Jumlah kuesioner adalah 134 buah. Merk susu yang paling banyak dipilih responden adalah susu bubuk Dancow, susu bubuk Bendera dan susu kental manis Bendera. Dalam memilih susu yang akan dikonsumsi, responden mengutamakan susu yang rasanya enak. Setelah itu, berturut-turut harga terjangkau, gizi tinggi, mudah diperoleh dan cocok dengan pencernaan merupakan alasan memilih merk susu tertentu. Media televisi merupakan media yang paling banyak ditonton responden. Ada kecenderungan diperhatikannya suatu iklan susu tertentu di media selain televisi dipengaruhi oleh munculnya iklan susu tersebut di media televisi. Iklan susu Dancow merupakan iklan susu yang disukai responden di semun media Kondisi ekonomi keluarga dan komposisi usia anggota keluarga turut mempengaruhi merk susu yang dipilih. Ada kecenderungan ibu rumah tangga lebih menyukai jenis susu yang tidak ditujukan untuk golongan usin tertentu. Penggunaan susu tanpa sasaran produk tertentu ini praktis digunakan dan dapat menekan pengeluaran rumah tangga. Untuk merk susu yang telah dikenal masyarakat luas, dipilih atau tidaknya suatu iklan merk, susu sebagai iklan yang paling disukai tidak memiliki asosiasi yang nyata dengan pembelian susu tersebut. Terlihat masyarakat tetap antusias membeli walaupun iklan yang disuguhkan kurang menarik. Iklan pada merk susu seperti ini lebih berfungsi untuk mempertahankan pasar.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePenelusuran pemilihan produk susu oleh ibu rumah tanggaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record