Analisis respon konsumen performance toko bakery Pia Apple Pie, Bogor
Abstract
Industri bakery sebagai salah satu agroindustri makanan jadi telah banyak bermunculan. Pie sebagai salah satu jenis bakery merupakan jenis makanan yang pada saat ini sudah cukup populer di Indonesia dan tingkat konsumsi pie mengalami perkembangan. Mengkonsumsi pie lebih merupakan suatu gaya hidup. Kondisi tersebut membawa dampak yang sangat luas terhadap kegiatan pemasaran. Salah satu saluran pemasaran dimana konsumen dapat memperoleh bakery adalah pengecer. Citra pengecer yang ditentukan dari keragaman dan kualitas atribut toko di mata pelanggannya memegang peranan penting.
Pia Apple Pie merupakan perusahaan bakery pertama di Bogor yang khusus memproduksi pie dalam berbagai jenis dan memasarkannya dalam bentuk toko eceran. Pia Apple Pie juga telah memiliki pasar yang cukup besar dan pelanggan yang telah loyal di kota Bogor dan Jakarta. Dalam perjalanan usahanya, toko Pia Apple Pie, Bogor menerima kritik, saran maupun keluhan melalui email mengenai performance toko yang diberikan.
Keluhan tersebut diantaranya ketersediaan sarana parkir yang tidak begitu
luas, lokasi yang tidak terletak di pinggir jalan raya sehingga kurang strategis,
kurang gencarnya promosi, dan jarangnya toko Pia Apple Pie, Bogor memberi
potongan harga. Adanya keluhan tersebut merupakan indikator bahwa kepuasan
konsuinen Pia Apple Pie, Bogor belum tercapai. Ketidakpuasan pelanggan
tersebut dapat berpotensi terhadap menurunnya omzet yang dicapai perusahaan
Pia Apple Pie saat ini. Bila tidak diantisipasi, kondisi tersebut dikhawatirkan
dapat menurunkan profitabilitas perusahaan. Disamping itu, pada saat ini telah
banyak pengecer yang menyediakan berbagai macam pie. Manajemen toko Pia
Apple Pie, Bogor memiliki keinginan untuk mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik konsumen dari toko bakery Pia Apple Pie, Bogor, menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan konsumen terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi performance toko bakery Pia Apple Pie, Bogor, dan memformulasikan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh toko bakery Pia Apple Pie, Bogor. Penelitian dilaksanakan di toko bakery Pia Apple Pie, Bogor pada bulan Februari sampai Juni 2004. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan responden, pimpinan dan karyawan Pia Apple Pie, Bogor. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti buku-buku dan literatur yang terkait dengan topik penelitian. Data primer terdiri atas karakteristik responden, penilaian responden terhadap kepentingan dan pelaksanaan perforamance toko bakery. Data sekunder terdiri atas jumlah penduduk Indonesia, jumlah unit usaha bakery, serta informasi mengenai perdagagan eceran. ...