Strategi Pemasaran Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) di Pusat Koperasi Pemasaran Belimbing Dewa Depok
Abstract
Belimbing manis merupakan salah satu komoditi buah-buahan tropis yang menjadi andalan bagi beberapa daerah di Indonesia. Komoditi ini memiliki kelebihan dari segi bentuk fisik, rasa yang khas, serta kandungan gizi yang dimiliki. Belimbing dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun olahan. Tingkat permintaan belimbing di Indonesia diperkirakan akan meningkat sebesar 6,8 persen selama jangka waktu 2005 hingga 2010. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi belimbing nasional diantaranya adalah Demak (Jawa Tengah), Depok (Jawa Barat), dan Blitar (Jawa Timur). Kota Depok merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang giat dalam pengembangan agribisnis belimbing manis. Varietas belimbing yang dikembangkan adalah varietas Dewa dan Dewi. Potensi pengembangan belimbing di Kota Depok ditunjukkan dengan angka produksi yang tinggi, buah yang berkualitas, serta permintaan pasar yang besar. Program pengembangan tercakup dalam Rencana Strategis Kota Depok tahun 2007 yang bertujuan untuk menjadikan belimbing sebagai ikon Kota Depok. Kegiatan pengembangan dilakukan dari sektor budidaya hingga pengelolaan pemasaran.
Collections
- UT - Management [3498]