Show simple item record

dc.contributor.advisorRachmaniah, Meuthia
dc.contributor.advisorSuroso, AArif Imam
dc.contributor.authorSudaryanto, Hari
dc.date.accessioned2024-01-04T00:45:57Z
dc.date.available2024-01-04T00:45:57Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133682
dc.description.abstractDalam rangka meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap nasabah Bank, diperlukan usaha untuk mencari solusi untuk dapat meningkatkan kinerja pemasaran yang proaktif. Nasabah merupakan mitra usaha yang mempunyai kontribusi terhadap bisnis Bank, oleh karena itu hubungan dengan nasabah perlu dipelihara. Perhatian khusus yang diberikan kepada nasabah dalam event-event tertentu akan meningkatkan loyalitas nasabah terhadap Bank. Potensi nasabah perlu diketahui oleh setiap pemasar, dan dapat dijadikan sasaran cross selling. Biaya pemasaran kepada nasabah lama jauh lebih murah dari pada merekrut nasabah baru. Nasabah yang berkualitas adalah nasabah yang memberikan kontribusi laba (profitable) terhadap Bank, oleh karena itu perlu usaha-usaha untuk menggali potensi nasabah yang tidak menguntungkan (unprofitable) menjadi nasabah yang menguntungkan (profitable). Untuk mencapai tujuan diatas perlu didukung oleh teknologi informasi yang dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat kepada pimpinan cabang dalam mengambil keputusan-keputusan pemasaran dalam lingkungan unit kerjanya. Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran Produk dan Jasa Perbankan pada Kantor Cabang Bank (SPKPROJA) adalah program aplikasi yang dapat melakukan inquiry data dari suatu database nasabah, dengan menggunakan tampilan layar-layar menu untuk user (menu driven). Program ini bersifat user friendly sehingga untuk menggunakannya tidak memerlukan keahlian khusus. SPKPROJA menyediakan fasilitas perhitungan profitabilitas nasabah dan produk dengan menggunakan analisis profitabilitas nasabah dan produk. Hasil perhitungan profitabilitas nasabah dan produk berupa laporan yang dapat ditampilkan pada layar monitor dan dicetak pada printer. Laporan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk para pengambil keputusan guna mendapatkan informasi nasabah dan produk yang menguntungkan atau tidak.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleSistem pendukung keputusan pemasaran produk dan jasa perbankan pada kantor cabang bankid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record