Show simple item record

dc.contributor.advisorNotodiputro, Khairil Anwar
dc.contributor.advisorWijayanto, Hari
dc.contributor.authorMomongan, Yudi Andrian
dc.date.accessioned2024-01-04T00:37:32Z
dc.date.available2024-01-04T00:37:32Z
dc.date.issued1999
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133680
dc.description.abstractKeberhasilan pelayanan kegiatan akademik dalam mendukung prestasi mahasiswa bukan hanya tergantung pada kuantitasnya saja tapi juga pada kualitasnya. Dalam penelitian ini dipelajari gambaran tingkat kualitas dari atribut-atribut pelayanan kegiatan akademik tiap program studi secara dekriptif melalui tabel distribusi frekuensi dan ditunjang dengan menggunakan analisis biplot. Secara umum tingkat kualitas atribut-atribut pelayanan kegiatan akademik Program Pascasarjana IPB (PPs-IPB) berada pada tingkat sedang. Kualitas penilaian ini bersifat mutlak namun tentunya tidak terlepas dari kesubjektivitasan responden yang memberikan penilaian terhadap atribut-atribut tersebut. Dengan ditinjau untuk tiap program studi terlihat bahwa masing-masing program studi memiliki atribut pelayanan yang baik, sedang maupun kurang. Program Studi Biologi Reproduksi mempunyai kualitas yang baik untuk semua atribut pelayanan, sedangkan Program Studi Ilmu Keteknikan Pertanian paling banyak memiliki atribut pelayanan yang berkualitas kurang. Untuk program studi lainnya sebagian besar atribut pelayanan akademik memiliki kualitas sedang, sehingga PPs-IPB lebih memperhatikan perbaikan untuk setiap program studi. Perbaikan terutama dilakukan pada atribut masalah praktikum yang sebagian besar mempunyai kualitas kurang disetiap program studi. Dengan analisis biplot diperoleh informasi bahwa program studi yang terletak dikuadran II pada gambar biplot, atribut pelayanan yang relatif lebih baik adalah atribut yang juga berada pada kuadran II. Program studi yang terletak dikuadran III, atribut pelayanan yang relatif lebih baik dibandingkan atribut lainnya adalah atribut yang berada pada kuadran III. Atribut pelayanan yang berhubungan dengan masalah pembimbingan dan bahan pustaka memiliki keragaman yang relatif lebih besar dibandingkan dengan atribut lainnya. Sebaliknya atribut kelengkapan ruang kuliah mempunyai keragaman yang relatif lebih kecil dibandingkan atribut lainnya, sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas atribut ini sudah hampir merata untuk setiap program studi di lingkungan PPs-IPB.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcstatistical modelsid
dc.titlePersepsi mahasiswa terhadap kualitas pelayanan kegiatan akademik program pascasarjana IPBid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record