Efektivitas Kampanye Krisis Iklim oleh Greenpeace Indonesia di Instagram
Abstract
Fenomena cuaca ekstrem di Indonesia menjadi bukti adanya krisis iklim. Saat ini, intensitas cuaca
ekstrem cenderung meningkat akibat aktivitas manusia, namun masih terdapat masyarakat yang
mengikari bahwa aktivitas manusia merupakan penyebab krisis iklim. Greenpeace Indonesia
merupakan salah satu organisasi yang mengampanyekan isu krisis iklim di Indonesia. Salah satu
media kampanye yang digunakan Greenpeace Indonesia adalah Instagram. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis efektivitas kampanye krisis iklim yang dilakukan Greenpeace Indonesia di
Instagram. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui survei dan didukung
data kualitiatif melalui wawancara mendalam kepada responden. Pemilihan responden dilakukan
menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sebanyak 70 responden. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kampanye krisis iklim yang dilakukan oleh Greenpeace Indonesia di Instagram
sudah efektif dalam membangun awareness, attitude, dan action responden berdasarkan pesan
kampanye yang disampaikan. Efektivitas kampanye ini berhubungan nyata dengan karakteristik
followers yaitu usia dan tingkat pendidikan responden, serta berhubungan nyata dengan karakteristik
konten yaitu isi pesan.