Show simple item record

dc.contributor.advisorBarizi
dc.contributor.advisorIndahwati
dc.contributor.authorElan
dc.date.accessioned2023-12-19T08:00:18Z
dc.date.available2023-12-19T08:00:18Z
dc.date.issued2002
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133037
dc.description.abstractKosmetik tata rias muka sudah sejak lama digunakan terutama oleh para wanita. Sekarang ini bahkan para remaja putri sudah banyak menggunakan jenis kosmetik ini. Peningkatan kepedulian remaja terhadap penampilan inilah yang merangsang munculnya beragam produk kosmetik khusus remaja. Siswi SMU sebagai bagian dari remaja merupakan target pasar yang besar bagi produsen kosmetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan siswi SMU Kotamadya Bogor dalam menggunakan kosmetik tata rias muka, yaitu bedak muka, lipstik dan lipbalm/lipglos. Demikian juga pengaruh usia dan tingkat ekonomi terhadap pemakaian kosmetik serta tingkat kesadaran mereka dalam menggunakan kosmetik khusus remaja. Data penelitian diperoleh dengan meneyebar kuesioner pada dua SMU swasta di Kodya Bogor. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah judgemental sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan tabulasi tunggal, silang dan grafik. Para siswi SMU Kodya Bogor cukup tinggi memandang pentingnya kosmetik tata rias muka. Tetapi semakin dewasa semakin sadar mereka bahwa kosmetik bukan satu-satunya cara untuk tampil cantik. Semakin tinggi tingkat ekonomi yang dicerminkan dari uang saku, maka semakin tinggi pula apresiasi mereka terhadap kosmetik makeup. Kebiasaan mereka menggunakan bedak muka, lipstik dan lipglos/lipbalm pertama kali diperkenalkan oleh orang terdekat yaitu keluarga, saudara dan teman. Umumnya lipstik dipakai pertama kali karena ada acara khusus, tetapi lipglos dipakai karena mereka ingin mencoba-coba. Pemakaian bedak muka dan lipglos dilakukan dengan frekuensi cukup sering, minimal satu kali sehari, sedangkan lipstik hanya pada saat-saat tertentu saja. Pada masa awal SMU mereka lebih intensif memakai bedak muka dibandingkan pada tingkat akhir, yang bisa dipandang sebagai masa-masa pubertas dan momen peralihan dari SMP ke SMU. Bedak bayi masih banyak dipakai oleh para siswi dibandingkan dengan bedak remaja maupun dewasa. Merek yang paling banyak digunakan adalah Pigeon. Untuk lipstik dan lipglos, Avon memegang market share tertinggi. Sistem Multi Level Marketing yang digunakan Avon agaknya efektit pada siswi SMU Kodya Bogor, mengingat besarnya pengaruh orang terdekat dalam membeli produk kosmetik. Tingkat kesadaran terhadap penggunaan kosmetik makeup khusus remaja masih rendah, ditandai dengan masih banyaknya responden pemakai bedak bayi dan lipstik serta lipglos yang diperuntukkan untuk orang dewasa.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcstatisticsid
dc.subject.ddcFactor analysisid
dc.titlePenggunaan kosmetik tata rias muka di kalangan siswi SMU Kotamadya Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record