View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Computer Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Computer Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengembangan sistem pengajaran berbantuan komputer berbasis multimedia : Studi kasus materi pelajaran fisika

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (5.692Mb)
      Date
      2002
      Author
      Fitrini, Yeni
      Seminar, Kudang Boro
      Herdiyeni, Yeni
      Sumaryada, Tony Ibnu
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Metode pengajaran terus berkembang mulai dari metode sederhana sampai penggunaan teknologi, termasuk komputer. Banyak penelitian dilakukan untuk menyelidiki bagaimana teknologi komputer dapat memajukan dunia pendidikan. Komputer dalam dunia pendidikan terbagi atas bidang pengajaran dan non pengajaran. Pengajaran Berbantuan Komputer (Computer Assisted Instruction) termasuk ke dalam kategori pengajaran komputer di bidang pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem pengajaran berbantuan komputer berbasis multimedia untuk mata pelajaran Fisika yang dapat digunakan oleh pelajar ataupun mahasiswa untuk membantun memahami pelajaran, memberikan alternatif cara belajar dan meningkatkan minat dan motivasi untuk mempelajari ilmu Fisika. Sistem Pengajaran Berbantuan Komputer dibangun dengan menggunakan tahapan dalam Model Perancangan Pengajaran Berbantuan Komputer. Sistem yang dibangun terdiri dari dua modul yaitu Modul Tutorial dan Modul Latihan Soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komputer sebagai metode pengajaran memungkinkan para siswa mengatur kecepatan belajar, banyaknya pelajaran, dan urutan pelajaran. Namun, penggunaan komputer sebagai alat pengajaran belum dapat menggantikan peran guru/pengajar. Hal ini disebabkan adanya faktor-faktor yang hanya dimiliki manusia seperti pemberian motivasi, bimbingan dan pendekatan. Maka komputer hendaknya dipandang sebagai pelengkap pengajaran dan bukan pengganti peran guru/pengajar.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/133004
      Collections
      • UT - Computer Science [2482]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository