Pengaruh Interaksi Guru-Siswa dan Kualitas Pertemanan terhadap Motivasi Akademik Siswi Pesantren Modern Pasca Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Pandemi Covid-19 yang mereda membuat pemerintah membuat keputusan bahwa pembelajaran akan kembali dilakukan tatap muka di kelas. Pesantren beradaptasi kembali setelah pembelajaran jarak jauh usai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi guru-siswa dan kualitas pertemanan terhadap motivasi akademik para siswi pesantren modern pasca PJJ. Penelitian dilakukan dengan desain explanatory study yang melibatkan 112 responden siswi pesantren modern terpilih. Pengambilan data dilakukan secara self-administered di sekolah melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung di kelas. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensia berupa uji korelasi dan uji regresi linier berganda. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa kelas remaja berhubungan signifikan negatif dengan interaksi guru-siswa. Pendapatan keluarga berhubungan signifikan positif dengan kualitas pertemanan. Lama tinggal di pesantren berpengaruh signifikan negatif dengan motivasi akademik. Hasil uji pengaruh menunjukkan lama tinggal di pesantren, interaksi guru-siswa, dan kualitas pertemanan berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi akademik siswi pondok pesantren modern pasca PJJ