dc.contributor.advisor | Asfarian, Auzi | |
dc.contributor.advisor | Hermadi, Irman | |
dc.contributor.author | Al'bazij, Muhammad Alifio Ghitrif | |
dc.date.accessioned | 2023-11-14T01:10:58Z | |
dc.date.available | 2023-11-14T01:10:58Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/132030 | |
dc.description.abstract | Studi ini menganalisis penelitian sebelumnya mengenai aplikasi untuk pembelajaran pertanian dan perikanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur sistematis dengan menggunakan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran dan desain elemen metaverse masih belum optimal. Masih terdapat celah implementasi antara teknologi imersif yang sedang dikembangkan saat ini dengan konsep metaverse. Oleh karena itu, perencanaan jangka panjang dan studi kasus penggunaan metaverse dalam pendidikan harus dilakukan lebih baik atau lebih matang lagi. Kekurangan ini menjadi poin penting untuk penelitian selanjutnya dalam pengembangan metaverse untuk pendidikan di bidang pertanian dan perikanan. Peneliti berharap studi ini mampu memberikan pengetahuan tentang teknologi metaverse kepada pendidik agar dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam memanfaatkannya di lembaga pendidikan. | id |
dc.description.abstract | This study analyzes previous research regarding applications for learning agriculture and fisheries. The research method used is a systematic literature review using Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses. The research results show that the learning materials and metaverse element design are still not optimal. There is still an implementation gap between the immersive technology currently being developed and the metaverse concept. Therefore, long-term planning and case studies on the use of metaverse in education must be done better or more maturely. This deficiency is an important point for further research in developing a metaverse for education in agriculture and fisheries. Researchers hope that this study is able to provide knowledge about metaverse technology to educators so they can make more informed decisions in utilizing it in educational institutions. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Kajian Literatur Sistematik Penggunaan Teknologi Virtual Reality dalam Implementasi Pembelajaran Pertanian dan Perikanan | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | Agriculture | id |
dc.subject.keyword | Education | id |
dc.subject.keyword | Fisheries | id |
dc.subject.keyword | Virtual Reality | id |