Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorLatifah, Melly
dc.contributor.authorSitumorang, Masia
dc.date.accessioned2023-11-13T03:10:39Z
dc.date.available2023-11-13T03:10:39Z
dc.date.issued1997
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131813
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan me-recall iklan produk es krim di televisi, mengetahui persepsi dan preferensi terhadap produk es krim, mengetahui sikap terhadap iklan produk es krim di televisi, mengetahui sikap terhadap produk es krim yang diiklankan di televisi, mengetahul kebiasaan konsumsi es krim, serta mengetahui hubungan antara sikap terhadap iklan dan produk es krim di televisi, besar uang jajan per hari, dan preferensi terhadap produk es krim, dengan kebiasaan konsumsi es krim anak. Penelitian dilakukan di SD Negeri Pengadilan II, Bogor, selama satu minggu yaitu pada tanggal 7 - 14 Maret 1997. Populasi adalah anak kelas lima SD yang berusia 9-12 tahun, yang dipilih secara purposive sampling (Singarimbun & Effendi, 1989). Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data primer meliputi identitas anak (umur, jenis kelamin, kelas, jumlah uang jajan, jenis jajanan yang dibeli dan pekerjaan orang tua), kemampuan me-recall iklan produk es krim di televisi, persepsi dan preferensi terhadap produk es krim, sikap terhadap iklan produk es krim di televisi, sikap temadap produk es krim yang diiklankan di televisi, dan kebiasaan konsumsi es krim anak. Data sekunder berupa keadaan umum sekolah yang diperoleh dari sekolah dan observasi secara umum. Data di analisis secara deskriptif. Hubungan antara sikap terhadap iklan dan produk es krim di televisi, besar uang jajan per hari dan preferensi terhadap es krim, dengan kebiasaan konsumsi es krim, diuji menggunakan Uji Statistik Korelasi Spearman (Sudjana, 1980). Anak usia sekolah mampu me-recall 11 iklan produk es krim di televisi dan menyatakan bahwa umumnya iklan es krim di televisi menggunakan musik, model bintang. dan hanya beberapa yang menggunakan model kartun (animasi). Juga menyatakan suka sampai sangat suka iklan produk es krim di televisi dan saluran televisi swasta RCTI adalah saluran televisi yang paling sering mereka tonton menayangkan iklan produk es krim. Pada umumnya persepsi anak terhadap es krim adalah rasa sangat lezat (92%), bentuk sangat menarik (91%), wama sangat bagus (92%), kemasan sangat menarik (87%). tekstur sangat halus (86%), dan sangat mudah diperoleh (69%), namun harga es krim dinyatakan mahal sampai sangat mahal (35% dan 61%). Anak juga sangat menyukai es krim (91%). Walaupun demikian, anak lebih banyak bersikap positif terhadap iklan produk es krim di televisi (51%), namun bersikap netral terhadap produk es krim yang diiklankan di televisi (48%). Anak-anak bahkan mengkonsumsi es krim setiap hari (91%). Penelitian menghasilkan bahwa tidak terdapat hubungan nyata antara sikap terhadap iklan dan produk es krim di televisi dengan kebiasaan konsumsi es krim pada anak usia sekolah (p=0.464 dan p=0.427). Kebiasaan konsumsi es krim juga tidak berhubungan nyata dengan besar uang jajan anak usia sekolah per hari (p=0.635), akan tetapi berbungan sangat nyata dengan preferensi terhadap es krim (p=0.000).id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcNutrition - Consumptionid
dc.titleHubungan sikap terhadap iklan dan produk es krim di televisi dengan kebiasaan konsumsi es krim pada anak usia sekolahid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordiklanid
dc.subject.keywordproduk es krimid
dc.subject.keywordkonsumsi es krimid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record