dc.description.abstract | Dewasa ini pendidikan mernpakan ha! yang sangat penting dalam
kehidupan. Berdasarkan penelitian Biro Pusat Statistik 2004, kebanyakan dari
masyarakat Indonesia telah menyadari pentingnya pendidikan dari tingkat dasar
sampai pergurnan tinggi. Banyaknya pergurnan tinggi di Indonesia membuat
siswa sekolah menengah atas lebih mudah dalam memilih jurnsan dan program
yang cocok dengan keinginan mereka.
Tingginya tingkat persaingan antar pergurnan tinggi sangatlah penting
untuk menerapkan strategi yang tepat untuk mendapatkan positioning yang tepat
atau yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui posisi
Perguruan Tinggi yang tertanam dibenak siswa-siswi SMA di Bogor,
menganalisis pesaing-pesaing terdekat IPB, dan menganalisis positioning IPB
berdasarkan persepsi siswa-siswi SMA di Bogor.
Data dan informasi yang dikumpulkan pada penelitian ini merupakan data
primer dan sekunder yang didapat sejak Mei sampai Juni 2008. Data primer
didapatkan dari penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden dan observasi
langsung di lima SMA terbaik di Bogor. Data sekunder merupakan studi literatur
dan data lain yang berhubungan dengan topik penelitian, baik dari surat kabar,
jurnal, internet dan data dari perguruan tinggi. Metode analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan multi dimensional scaling, dengan bantuan
Microsoft Excel dan Statistical Product and Service Solution 13.0 versi Windows
Berdasarkan pada basil penelitian, IPB merupakan universitas yang paling
diingat oleh responden dengan persentase 22%, masih dibawah UI dengan
persentase 35% selain itu IPB diposisikan sebagai perguruan tinggi yang
mempunyai lingkungan yang nyaman, porgram beasiswa, biaya kuliah yang
terjangkau dan mempunyai lokasi kampus yang strategis. | id |