Show simple item record

dc.contributor.advisorWH. Limbong
dc.contributor.authorAsmoro, Galih Herdo
dc.date.accessioned2023-11-09T02:14:36Z
dc.date.available2023-11-09T02:14:36Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131306
dc.description.abstractJumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi peluang bagi para pemasar untuk menjalankan usahanya. Salah satu bisnis yang mulai berkembang di Indonesia adalah bisnis ritel modem. Perkembangan bisnis ritel terjadi cukup cepat yang ditandai dengan semakin banyaknya ritel modern yang hadir di Indonesia. Kondisi ini menimbulkan persaingan antar ritel di Indonesia sehingga terjadi perang strategi antar ritel. Mereka menggunakan hampir seluruh bagian toko untuk melaksanakan strategi mereka. Hal ini dilakukan karena mereka menyadari bahwa sebagian besar konsumen di Indonesia tidak melakukan perencanaan dalam membeli suatu produk dan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendorong pembelian impulsif adalah dengan memanfaatkan aspek situasi konsumen. Pihak Giant Taman Yasmin telah berusaha memanfaatkan aspek situasi konsumen dengan tujuan untuk mendorong perilaku impulse buying dari para konsumen. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh karakteristik konsumen terhadap perilaku impulse buying Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi perilaku pembelian impulsif konsumen Giant Taman Yasmin, (2) Menganalisis pengaruh karakteristik situasi konsumen terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen Giant Taman Yasmin, (3) Menganalisis karakteristik situasi konsumen yang paling berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari konsumen Giant Taman Yasmin serta dari manager marketing dan manager HRD Giant Taman Yasmin. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka berupa data perusahaan, buku, jurnal, dan literatur lain yang terkait dengan penelitian yang sedang dilakukan. Penentuan jumlah sampel dilakukan secara purposive dengan memperhatikan syarat dari metode analisis yang digunakan Analisis data untuk mengetahui hubungan antar variabel laten dalam penelitian dilakukan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan software LISREL 8.30. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat perilaku impulse buying konsumen Giant Taman Yasmin tergolong sedang. Analisis SEM menyatakan karakteristik lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying dengan nilai loading factor (y) sebesar 0,38 dan t-value sebesar 2,00, sedangkan keempat karakteristik situasi konsumen lainnya memiliki nilai loading factor dan t-value masing-masing lingkungan sosial sebesar 0,087, karakteristik waktu sebesar -0,071, tujuan sebesar -0,012, dan suasana hati sebesar -0,019 dimana keempat karakteristik tersebut memiliki nilai t-value di bawah 1,96. Karakteristik lingkungan fisik memiliki pengaruh paling besar terhadap perilaku impulse buying karena memiliki nilai loading factor (y) yang paling besar, yaitu 0,38. Hasil penilaian Goodness of Fit (GOF) menyatakan model memiliki nilai chi-square sebesar 53,41, p-value sebesar 0,38183, CMIN/df sebesar 1,047, RMSEA sebesar 0,022, GFI sebesar 0,94, dan nilai AGFI sebesar 0,90. Dari nilai-nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan baik dan dapat diterima.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcprospective customersid
dc.titleAnalisis pengaruh situasi konsumen terhadap perilaku Impulse Buying: Studi Hypermarket Giant Taman Yasmin, Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordImpulse buyingid
dc.subject.keywordRitelid
dc.subject.keywordBauran pemasaranid
dc.subject.keywordMarketing mixid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record